Kemandirian Anak Usia Dini (Studi di Taman Kanak-kanak Tauladan Kecamatan Pare Kabupaten Kediri)

Veny Iswantiningtyas, Itot Bian Raharjo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian anak usia dini di TK. Tauladan Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi, wawancara, dokumentasi dan membuat cacatan lapangan. Untuk mengembangkan kemandirian pada anak kelompok B, guru menggunakan model pembelajaran sentra balok yang telah ditentukan oleh sekolahan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan kemandirian anak berkembang baik.

Keywords


Kemandirian; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Chasanah, Risnaeni. 2014. Pendidikan Karakter Melalui Perconaan Sains Sederhana untuk Anak Usia Dini. Bantul: Kreasi Wacana

Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Eti Nurhayati. 2010. Bimbingan Keterampilan dan Kemandirian Belajar. Bandung: Batic Press.

Noor Rohinah. 2012. Mengembangkan Karakter Aak Secara Efektif di Sekolah dan di Rumah. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.

Putra, N., dan Dwilestari, N., 2012. Penelitian Kualitatif PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Soemiarti Patmonodewo. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 SELING: Jurnal Program Studi PGRA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By:

     

 

 

 


View My Stats

 

 

___________________________________________________________

Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
Jl. Hayamwuruk 31 Watesumpak Trowulan MojokertoTelp/Fax. (0321) 3914242 Mojokerto, Email: jurnalseling@gmail.com

Map Coordinate : Lat.-7.530310, Long. 112.398460