https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alallam/issue/feed AL -ALLAM 2024-02-03T20:15:10+00:00 Munib munib.cahayailmu@gmail.com Open Journal Systems https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alallam/article/view/7438 Pencegahan Dan Penanggulangan Pernikahan Dini Melalaui Pendidikan Agama Islam 2024-02-03T18:35:44+00:00 Taufikurahman Taufikurahman Taufik.100493@gmail.com Najwa Fadhilah Nur 230130100155@student.upnjatim.ac.id <p>Pernikahan adalah salah satu bentuk ibadah kepada Allah swt. yang menghalalkan pergaulan antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram dengan tujuan membentuk rumah tangga yang <em>sakinah, mawaddah, dan warahmah</em> (ketentraman, cinta kasih, dan rahmat). Di Indonesia, pernikahan diatur dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 yang menyebutkan bahwa batas usia minimal bagi laki-laki dan perempuan untuk menikah adalah 19 tahun. Sehingga pernikahan dibawah batas usia minimal yang ditetapkan disebut sebagai pernikahan dini. Pernikahan dini memiliki resiko yang sangat tinggi, baik berupa fisik, psikis, ekonomi, maupun kehidupan sosial para pelakunya. Oleh karena itu, melalui penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka ini akan dibahas pendidikan islam sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan pernikahan dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam dalam upaya pencegahan dan penanggulangan pernikahan dini sangat signifikan. Melalui pemahaman nilai-nilai agama, pendidikan Islam memberdayakan individu dan masyarakat untuk menghindari pernikahan dini. Dengan menekankan aspek moral, etika, dan persiapan matang sebelum menikah, pendidikan Islam bukan hanya menjadi sarana agama semata, tetapi juga fondasi untuk transformasi sosial yang mendukung perkawinan yang berkelanjutan.</p> 2024-01-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 AL -ALLAM https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alallam/article/view/7439 Pemikiran Imam Al-Ghazali dengan Surat Al-Luqman ayat 12-19 dalam Pendidikan Anak 2024-02-03T18:56:33+00:00 Ishtifaiyyatul Qudsi Iifqudsi2003@gmail.com Masfufah Masfufah masfufah2606@gmail.com <p>Penulisan ini membahas pemikiran Imam Al-Ghazali tentang pendidikan anak dalam Al-Qur'an surat Al-Luqman ayat 12-19. Penulisan ini mencakup biografi dan pemikiran Imam Al-Ghazali serta uraian tentang pendidikan anak dalam Al-Qur'an surat Al-Luqman ayat 12-19. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemikiran pendidikan Imam Al-Ghazali dikonstruksi kembali. Manfaatnya adalah pemerintah dan pendidik dapat menggunakan pemikiran pendidikan al-Ghazali sebagai inspirasi untuk memastikan bahwa pendidikan di Indonesia memiliki standar yang tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif library reseacrh. Menurut tulisan ini, struktur pemikiran pendidikan al-Ghazali bersifat religius-etis. Menurut Al-Ghazali, tujuan pendidikan terdiri dari tiga komponen: aspek kognitif, aspek apektif, dan aspek psikomotorik</p> 2024-02-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 AL -ALLAM https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alallam/article/view/7440 Strategi Peningkatkan Mutu Pendidikan Melaui Penerapan Total Quality Management Di MA Nazhatut Thullab Prajjan Camplong 2024-02-03T19:06:07+00:00 Siti Farida faridaisme@gmail.com Moh. Faddol fanasta.slalu95@gmail.com Moh. Ali Muqoddas muqoddas47@gmail.com <p>Total Quality Management (TQM) merupakan sebuah pendekatan manajemen yang terbukti efektif dalam berbagai sektor dan telah semakin diterapkan dalam dunia pendidikan untuk mencapai standar mutu yang lebih tinggi, Berdasarkan hal tersebut, peneliti memfokuskan pada tiga point, yaitu : <em>Pertama, </em>Bagaimana Perencanaan Total Quality Management Dalam Menigkatkan Mutu Pendidikan Di MA Nazhatut Thullab?. <em>Kedua, </em>Bagaimana Pelaksanaan Total Quality Management Dalam Menigkatkan Mutu Pendidikan Di MA Nazhatut Thullab?. <em>Ketiga, </em>Bagaimana Evaluasi Total Quality Management Dalam Menigkatkan Mutu Pendidikan Di MA Nazhatut Thullab?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis deskriptif. Adapun sumber data yang diperoleh yaitu melalui cara wawancara, observasi dan dokumentasi, yang menjadi informannya adalah kepala sekolah MA Nazhatut Thullab, tim coordinator dan guru MA Nazhatut Thullab.</p> 2024-02-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 AL -ALLAM https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alallam/article/view/7441 Membangun Karakter Religius Santri Melalui Kurikulum Di Pondok PesantrenAl-Asy’ari Komis Kedungdung 2024-02-03T19:17:10+00:00 Munib Munib munib.cahayailmu@gmail.com Megawati Fajrin megawatifajrin03@gmail.com Hoirul Hoirul Irulll579@gmail.com <p>Pondok Pesantren merupakan salah satu tempat yang menyelenggarakan proses pengembangan santri agar menjadi manusia yang berintelektual dan berkarakter religius. Dalam dunia Pesantren tentu sangat dituntut untuk mempertahankan karakter religius yang ada di dalam diri manusia, karena memang pada kodratnya pendidikan yang ada di Pondok Pesantren tujuannya untuk lebih mendekatkan diri kepada tuhannya. Untuk mempertahankan karakter religius tersebut tentunya tidak lepas dari yang namanya kurikulum Pesantren yang berisi tentang apa saja yang akan di berikan kepada santri. Sehingga dengan adanya manajemen kurikulum Pesantren yang baik, maka akan lebih mudah untuk meningkatkan karakter religius santri. Maka dari itu, dalam skripsi ini penulis membahas tentang Manajemen kurikulum Pesantren dalam meningkatkan karakter religius santri di Pondok Pesantren al-asy’ari. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga&nbsp; permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: <em>pertama</em>, bagaimanaa perencanaan kurikulum Pesantren Dalam Meningkatkan Karakter Religius Santri di Pondok Pesantren Al-Asy’ari Kedungdung, <em>kedua, </em>bagaimana pelaksanaan kurikulum Pesantren Dalam Meningkatkan Karakter Religius Santri di Pondok Pesantren Al-Asy’ari Kedungdung, <em>ketiga</em> bagaimana evaluasi manajemen Kurikulum Pesantren dalam Meningkatkan Karakter Religius Santri di Pondok Pesantren Al-Asy’ari Kedungdung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (<em>Field Research)</em>. Adapun sumber data yang diperoleh yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah Pengasuh, pengurus, muallim dan santri Pondok Pesantren al-asy’ari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: <em>pertama, </em>perencanaan dalam manajemen kurikulum Pesantren dalam meningkatkan karakter religius santri di Pondok Pesantren al-asy’ari yaitu pengasuh mengadakan rapat yang melibatkan pengurus dan muallim, yang tujuannya untuk membahas tentang program kegiatan yang akan dijalankan ke depannya. <em>Kedua, </em>dalam pelaksanaan kurikulum Pesantren di Pondok Pesantren al-asy’ari yaitu tetap sesuai dengan program-program yang sudah di rencanakan, yang dalam hal di klasifikasikan menjadi tinga program yakni: program taklimiyah, ubudiyah dan adabiyah. <em>Ketiga </em>evaluasi manajemen kurikulum Pesantren dalam meningkatkan karakter religius santri di Pondok Pesantren al-asy’ari yaitu mengadakan rapat setiap tiga bulan satu kali. Juga mengadakan rapat bulanan dan mingguan.</p> 2024-02-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 AL -ALLAM https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alallam/article/view/7442 Urgensi Even Jam’iyatul Muballighin Dalam Meningkatkan Kemampuan Berceramah Santri Di Pondok Pesantren Darur Rohman Blu’uran Sampang 2024-02-03T19:29:01+00:00 Wasik Wasik wasikshodiqin@gmail.com <p>Setiap manusia mempunyai kesempatan yang sama&nbsp; dalam menggali potensi yang dimiliki termasuk dalam meningkatkan kemampuan dalam menyampaikan kajian keislaman. Melalui program khitabah dalam meningkatkan kemampuan berceramah penuh percaya diri dan selalu optimis meskipun problem realita kadang menjadi inscure untuk tetap bertahan. Adanya penelitian ini sekiranya mampu memberikan kontribusi nyata dalam menggali potensi yang dimiliki dalam menyebarkan kajian keislaman yang sesuai dengan aturan syari’at islam. Dalam proses kegiatan program meningkatkan potensi hal yang paling urgen adalah adanya kepemimpinan yang visioner dalam mengambil keputusan serta kerja sama antar elemen serta transparan dalam menghadapi berbegai problem antara problem realita dan problem idealis sehingga bisa terjawab dan lebih produktif dalam merealesasikan sebuah program kegiatan dan bisa terjawab semua problem yang dihadapi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus . Adapun hasil dalam penelitian ini adalah Dalam menjalankan sebuah program kemampuan menggali potensi sangat di perlukan adanya sebuah analisis serta kesimpulan yang kemudian di putuskan secara kolektif, kemudian bersama-sama menghadapi semua problem yang di hadapi serta selalu berinovasi dalam setiap situasi.</p> 2024-02-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 AL -ALLAM https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alallam/article/view/7443 Peran Komunikasi Efektif Antara Guru Dan Siswa Dalam Proses Pembelajaran di SDN Asemnonggal 1 Jrengik Sampang 2024-02-03T19:36:56+00:00 Moh. Afif mafief03@gmail.com Fausiyeh Fausiyeh fauziyah031193@gmail.com <p>Dalam dunia pendidikan. proses pembelajaran akan efektif, jika komunikasi antara guru dengan siswa terjadi secara efektif dan efisien. Komunikasi adalah kunci kegiatan pembelajaran. Pendidik adalah pihak yang paling bertanggung jawab atas komunikasi efektif yang sedang berlangsung dalam pembelajaran, sehingga guru sebagai pendidik diwajibkan memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk menciptakan &nbsp;proses belajar yang nyaman. Sehingga seorang guru harus mampu menguasai pola dan teknik komunikasi yang baik dalam proses pembelajaran. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran komunikasi efektif Antara Guru dan Siswa Dalam Proses Pembelajaran di SDN Asemnonggal 1 Jrengik Sampang. (2)<em> Bagaimana bentuk komunikasi efektif Antara Guru dan Siswa Dalam Proses Pembelajaran</em> di SDN Asemnonggal 1 Jrengik Sampang.Penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang diambil yaitu primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan proses reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan keterlibatan peneliti di setiap kejadian di lokasi penelitian, triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Hasil penelitian sebagai berikut. Hasil penelitian dan analisis menunjukan bahwa terdapat komunikasi efektif antara guru dengan siswa dalam proses belajar mengajar memiliki peran kunci dalam menunjang keberhasilan pendidikan . Adapun komunikasi efektif antara &nbsp;guru dengan siswa dalam proses belajar mengajar dalam bidang studi pendidikan agama Islam di SDN Asemnonggal 1 Kec. Jrengik Kab. Sampang terdiri atas: 1) komunikasi intrapersonal, 2) komunikasi antarpersonal berupa komunikasi pribadi antara guru dengan siswa, dan 3) komunikasi kelompok.</p> 2024-02-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 AL -ALLAM https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alallam/article/view/7444 Strategi MAN Wisata Sampang Dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik 2024-02-03T19:45:18+00:00 Badrut Tamam tamambadrut823@gmail.com Moh. Hasyim Asy’ari hasyimmoh5@gmail.com Nurul Qhonimah putriieemass@gmail.com <p>Di Era globalisasi saat ini tentunya terdapat sebuah persaingan yang sangat luar biasa dalam mendapatkan peserta didik dan memberikan kepercayaan kepada masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke lembaga tertentu, maka dari itu sangat penting sebuah lembaga pendidikan melakukan sebuah pemasaran dalam mempromosikan lembaga pendidikannya. Berdasarkan hal tersebut maka, Skripsi ini membahas tentang Strategi pemasaran sekolah berasrama dalam meningkatkan minat peserta didik di MAN Sampang. ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: <em>Pertama</em>, Bagaimana perencanaan strategi pemasaran sekolah berasrama dalam meningkatkan minat peserta didik di MAN sampang.. <em>Kedua</em>:Bagaimana implementasi strategi pemasaran sekolah berasrama dalam meningkatkan minat peserta didik di MAN sampang..<em>ketiga</em>: bagaimana evaluasi strategi pemasaran sekolah berasrama dalam meningkatkan minat peserta didik di MAN sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriftif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (<em>Field Research</em>). Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.informannya adalah kepala sekolah, tenaga pendidik, kependidikan dan peserta didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamtan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran sekolah berasrama dapat meningkatkan minat peserta didik dibuktikan dengan meningkatnya peserta didik dari tahun kemarin, dapat diketahui perencanaan strategi pemasaran sekolah berasrama yakni menampung terlebih dahulu sebuah keinginan peserta didik dan masyarakat kemudian mengadakan rapat untuk membahas tentang strategi pemasaran sekolah, dengan melibatkan kepala sekolah dan semua <em>stack holder</em> madrasah, kemudian mengelompokkan dan memberikan tugas-tugas dan tanggung jawab terhadap masing masing <em>stack holder</em>. Implementasi pemasaran sekolah berasrama di MAN Sampang yaitu menggunakan bauran pemasaran <em>product </em>(sekolah berasrama/Ma’had), <em>price</em> (Harga), <em>Place</em>, (tempat), <em>promotion,</em> (media sosial , brosur, pamphlet dan sosialisasi langsung kemasyarakat dan lembaga pendidikan di kabupaten sampang), <em>people</em> (orang/SDM), <em>physical evidence</em> (sarana dan prasarana), <em>process,</em> (proses). Evaluasi strategi pemasaran sekolah berasrama yakni mengadakan rapat setelah melaksanakan kegiatan untuk mengetahui hasil yang telah dicapai mulai dari meningkatnya minat peserta didik dan berjalannya program sekolah berasrama.</p> 2024-02-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 AL -ALLAM