DEMOKRASI PENDIDIKAN ALA SOEKARNO DAN IMPLIKASINYA BAGI PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Sukma Umbara Tirta Firdaus Universitas Madura

Abstract

Abstrak:Penelitian ini mencoba untuk mendeskripsikan pemikiran Soekarno tentang demokrasi pendidikan, dan menemukan implikasinya bagi pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dengan menggunakan pendekatan hermeneutik. Sedangkan metode yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan metode deskriptif-analitik.Hasil penelitian ini adalah: (1) Pemikiran Soekarno tentang demokrasi pendidikan adalah, bahwa proses pendidikan itu harus dilaksanakan secara demokratis, dengan tujuan agar peserta didik dapat belajar tanpa dihinggapi perasaan takut dan tertekan, mereka dapat belajar dengan senang, bebas dan penuh keceriaan. Yang ditekankan Soekarno di sini terletak pada bentuk dan proses belajar-mengajarnya, diharapkan dari proses tersebut dapat menumbuhkan sikap peserta didik yang kritis, demokratis, terbuka dan bebas dalam mengemukakan pendapat dan melakukan tindakan. (2) Implikasi dari pemikiran Soekarno tentang demokrasi pendidikan bagi pendidikan Islam adalah, bahwa pendidikan Islam juga harus dilaksanakan secara demokratis. Pola pembelajaran dalam pendidikan Islam yang masih tradisional (konvensional) harus di rubah dengan pola-pola pendidikan yang lebih dinamis dan modern. Pola dogmatis atau pola hubungan finalistis yang menempatkan murid sebagai obyek atau benda pasif dalam pendidikan Islam harus ditinggalkan diganti dengan pola hubungan baru, yaitu pola hubungan kemitraan yang egaliter antara guru dan murid, serta memberikan kebebasan (kemerdekaan) berpikir kepada para murid.

References

Daftar Pustaka

Abdillah, Masykur. 1999. Demokrasi Di Persimpangan Makna; Respon Intelektual Muslim Indonesia Terhadap Demokrasi 1966-1993. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Abdurrahman, Dudung. 1998. Pengantar Metodologi Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: IKFA.
Adams, Cindy. 2001. Adams, Bung Karno; Penyambung Lidah Rakyat Indonesia. Terj. Abdul Bar Salim. Jakarta: PT. Tema Baru.
Al-Abrasyi, Muhammad Athiyah. 1996. Beberapa Pemikiran Pendidikan Islam. Terj. Syamsudin Asyrafi, dkk. Yogyakarta: Titian Ilahi Press.
Assegaf, Abd. Rahman. 2004. Pendidikan Tanpa Kekerasan; Tipologi Kondisi, Kasus dan Konsep. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Atho’, Nafisul dan Arif Fahrudin (Ed.). 2003. Hermeneutika Transendental; Dari Konfigurasi Filosofis Menuju Praksis Islamic Studies. Yogyakarta: IRCiSoD.
Dahm, Benhard. 2000. Soekarno dan Perjuangan Kemerdekaan. Terj. Hasan Basari. Jakarta: Grasindo.
Departemen Agama RI. 1998. Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: Derektorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI.
Freire, Paulo. 2008. Pendidikan Kaum Tertindas. Terj. Utomo Danandjaya, dkk. Cet. VI. Jakarta: LP3ES.
Ishak, Joesoef. 2001. 100 Tahun Bung Karno; Sebuah Liber Amicorum. Jakarta: Hasta Mitra.
Jamas, Nurhayati Jamas. 2009. Dinamika Pendidikan Islam Di Indonesian Pasca Kemerdekaan. Jakarta: Rajawali Pers.
Kurniawan, Syamsul. 2009. Pendidikan Di Mata Soekarno; Modernisasi Pendidikan Islam Dalam Pemikiran Soekarno. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Lubis, M. Ridwan. 1992. Pemikiran Soekarno Tentang Islam. Jakarta: Haji Masagung.
Maarif, Ahmad Syafii. 1987. Studi Tentang Percaturan Dalam Konstituante Islam dan Masalah Kenegaraan. Cet. II. Jakarta: LP3ES.
Mangunwijaya. 1993. Mandidik Manusia Merdeka. Yogyakarta: Dian Interfidie & Pustaka Pelajar.
Mulkhan, Abdul Munir. 1993. Paradigma Intelektual Muslim. Yogyakarta: SIPRESS.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi III. Ce. III. Jakarta: Balai Pustaka.
Rahim, Husni Rahim. 2000. Arah Baru Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Rahardjo, Imam Toto K. dan WK. Herdianto (Ed.). Bung Karno dan Partai Politik; Kenangan 100 Tahun Bung Karno. Jakarta: Grasindo.
Soekarno. 2005. Di Bawah Bendera Revolusi. Jilid I-II. Cet. V. Jakarta: Yayasan Bung Karno.
Soekarno. 1963. Sarinah; Kewajiban Wanita Dalam Perdjoangan Republik Indonesia. Cet. III. Jakarta: Panitya Penerbit Buku Karangan Presiden Soekarno.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhelmi, Ahmad. 2002. Polemik Negara Islam; Soekarno Versus Natsir. Jakarta: Teraju.
Sutrisno. 2006. Pendidikan Islam yang Menghidupkan; Studi Kritis Terhadap Pemikiran Pendidikan Islam Fazlur Rahman. Yogyakarta: Kota Kembang.
Yatim, Badri. 1999. Soekarno, Islam, dan Nasionalisme. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Downloads

Published

2016-08-11

Issue

Section

Articles