Olahan Kunyit Asam Menjadi Minuman Herbal Sinom untuk Meningkatkan Perekonomian Desa Kajuanak Galis Bangkalan

  • Kholid Kholid STAI Darul Hikmah Bangkalan
  • Mudarris Mudarris STAI Darul Hikmah Bangkalan
  • Masdar Masdar STAI Darul Hikmah Bangkalan
Keywords: olahan kunyit, perekonomian

Abstract

Desa Kajuanak merupakan salah satu dari desa yang berada di Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan, dimana Untuk sector pertanian dan perkebunannya, Desa Kajuanak merupakan penghasil kunyit yang cukup besar di Kecamatan Galis. Namun, pengolahan yang dilakukan oleh masyarakat Desa Kajuanak masih sangat tradisional, yaitu hanya menjual hasil pertanian atau perkebunannya tersebut tanpa dibuat bahan lain yang bernilai ekonomis. Mengingat kandungan yang sangat besar itu, serta cara masyarakat Kajuanak dalam memasarkan hasil tanamannya, maka mahasiswa KKN Desa Kajuanak memberikan salah satu programnya yaitu dengan menjadikan bahan dasar dalam pembuatan minuman herbal sinom yang terbuat dari kunyi dan tentunya mempunyai nilai ekonomis dalam pengembangan perekonomian masyarakat Desa Kajuanak. Manfaat besar yang dapat diambil dari program kegiatan ini adalah mengembangkan taraf hidup masyarakat Desa Kajuanak dengan ekonomi kreatif sebagai upaya yang dapat dijadikan sebagai bentuk peningkatan perekonomian masyarakat. Keberadan kunyit yang semula hanya dijual dipasar-pasar tradisional, dengan adanya produk olahan ini, kunyit para petani Desa Kajuanak dapat dikenal oleh masyarakat luas.

References

Budhyantoro, Arief. "MERINTIS BRANDING “KAMPUNG JAHE MOJOKERTO (KJM)” DI DESA GADING KECAMATAN JATIREJO, KABUPATEN MOJOKERTO." Edupreneur: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat bidang Kewirausahaan 2.2 (2019).
Hendarto, M. Si, and Ir Totok. "IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMASARAN USAHA MINUMAN SINOM KEKINIAN." (2019).
Indrayani, Siska, and Indah Setia Ningsih. "Efektifitas Ekstrak Kunyit dalam Mengurangi Nyeri Dismenorhea pada Mahasiswi di Asrama Akademi Kebidanan Salma Siak." Menara Ilmu 12.5 (2018).
Pudiastutiningtyas, Nurul, et al. "Diversifikasi Kunyit (Curcuma domestica) dan Kencur (Kaempferia galanga L.) Sebagai Minuman Herbal Serbuk Siap Saji." METANA 11.01 (2015).
Ramdhan, T. W., & Kholid, M. (2019). PENGOLAHAN LIMBAH KULIT RAMBUTAN MENJADI PRODUK MINUMAN DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA RONG DURIN KABUPATEN BANGKALAN. As-Sidanah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 96-102.
Said, Ahmad. Khasiat dan manfaat kunyit. Ganeca Exact, 2007
Published
2020-12-23
How to Cite
Kholid, K., Mudarris, M., & Masdar, M. (2020, December 23). Olahan Kunyit Asam Menjadi Minuman Herbal Sinom untuk Meningkatkan Perekonomian Desa Kajuanak Galis Bangkalan. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 61-72. https://doi.org/https://doi.org/10.35309/dharma.v1i1.4134
Section
Articles