Pengolahan Jahe Pandan Menjadi Produk Minuman Herbal (JAPAN) Untuk Meningkatkan Kualitas SDM Ekonomi Kreatif di Desa Kampak Kecamatan Geger

  • Imam Haromin STAI Darul Hikmah Bangkalan
  • Bahrul Ulum STAI Darul Hikmah Bangkalan
  • Abd Aziz STAI Darul Hikmah Bangkalan
Keywords: Jahe Pandan, Ekonomi Kreatif

Abstract

Entrepreneurship adalah suatu proses dimana seseorang atau suatu kelompok individu menggunakan upaya yang terorganisir & sarana untuk mencari sebuah peluang dan menciptakan suatu nilai yang tumbuh dengan memenuhi kebutuhan serta keinginan melalui sebuah inovasi dan keunikan, melalui proses mengidentifikasi, mengembangkan dan membawa visi ke dalam kehidupan. Dalam usaha yang akan kami kelola ini merupakan jenis usaha yang bergerak dibidang pengolahan yang bermanfaat bagi kesehatan. Produk minumn herbal jahe pandan (Japan) menggunakan bahan baku yaitu jahe dan daun pandan. Kami menggunakan bahan tersebut karena sangat mudah ditemukan dan harganya sangat terjangkau. Produk minuman herbal yang kami buat, dikemas dalam botol yang sudah disterilkan. Tak hanya nikmat, minuman japan juga kaya akan manfaat untuk kesehatan. Itulah sebabnya, minuman ini masuk dalam daftar minuman yang dapat dipilih oleh siapa saja yang sedang mempratikkan gaya hidup kembali ke alam.

References

Yuliani, Sri, and Sari Intan Kailaku. "Pengembangan produk jahe kering dalam berbagai jenis industri." (2018).
Effendi, M. Supli. Kajian Organoleptik dan Fisiko Kimia Olahan Cokelat Rasa Jahe dengan Tempering dan Tanpa Tempering. Diss. Fakultas Teknik Unpas, 2016.
Prastiyo, Agung, Azis Fathoni, and Djamaluddin Malik. "Strategi Pemasaran Produk Jahe Merah Melalui Analisis SWOT Pada Perusahaan UD. Barokah Ungaran." Journal of Management 4.4 (2018).
Fauzan, Slamet, et al. "Pemberdayaan Masyarakat Desa Seketi Melalui Inovasi Olahan Jahe Merah." Sinergi: Jurnal Pengabdian 2.2 (2020): 65-68.
Retnowati, Nurcahyani Dewi, and Daru Retnowati. "Pengolahan Dan Analisis Usaha Tanaman Jahe Menjadi Produk Jahe Instan Di Panti Asuhan Al-Ikhlas Ngentak Pelem RT. 13 Baturetno Banguntapan Bantul." KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 2.2 (2019): 75-80.
Published
2020-12-23
How to Cite
Haromin, I., Ulum, B., & Aziz, A. (2020, December 23). Pengolahan Jahe Pandan Menjadi Produk Minuman Herbal (JAPAN) Untuk Meningkatkan Kualitas SDM Ekonomi Kreatif di Desa Kampak Kecamatan Geger. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 49-60. https://doi.org/https://doi.org/10.35309/dharma.v1i1.4135
Section
Articles