Revitalisasi Jembatan Desa sebagai Akses Aktivitas Perekonomian Desa Bangpindah Kecamatan Galis Bangkalan

  • Zainal Hakim STAI Darul Hikmah Bangkalan
  • Imamul Muttaqin STAI Darul Hikmah Bangkalan
  • Mudarris Mudarris STAI Darul Hikmah Bangkalan
Keywords: revitalisasi, Jembatan Desa, perekonomian

Abstract

Desa Bangpendah merupakan salah satu dari desa yang berada di kecamatan Galis kabupaten Bangkalan. Desa bangpendah merupakan desa yang sangat asri yang terdiri dari tiga dusun, yakni: Dusun Bangpendah, Bicabbih dan Nangsokah. Desa Bangpendah memiliki potensi-potensi alam maupun manusia yang bagus. Desa bangpendah memiliki luasa 440,4 Ha. Dan memiliki lebih dari 1.000 jiwa dari anak-anak sampai dewasa. Semua penduduk yang berada di Desa mayoritas melakukan perekonomian dengan berkebun, bercocok tanam dan menjadi pedagang di Pasar yang ada di Kecamatan Tanah Merah dan Galis. Untuk kegiatan tersebut, tentunya jembatan yang berada di Desa Bangpindah menjadi satu satunya harapan masyarakat bangpindah untuk melakukan kegiatan perekonomiannya. Hadirnya mahasiswa KKN di Desa bangpindah ini membawa harapan besar masyarakat Desa Bangpindah dalam melakukan kegiatan perekonomian, hal ini terbukti dengan adanya revitalisasi jembatan yang semula kumuh dan tidak dapat diakses dengan baik, namun setelah dilaksanakan program revitaliasi ini, jembatan menjadi indah, bagus, yang semula masyarakat Desa Bangpindah malas untuk melewati Jembatan ini, dengan adanya revitalisasi jembatan desa, sekarang jembatan tersebut menjadi satu-satu akses yang dilewati masyarakat dalam melakukan kegiatan ekonominya

References

Afandi, M. H., Arifin, Z., & Ramdhan, T. W. (2020). UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGHIMPUNAN DANA KOINISASI DI DESA NGRONGGOT KECAMATAN NGRONGGOT KABUPATEN NGANJUK. As-Sidanah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 63-84.
Arbani, Inggar Rayi, and Hertiari Idajati. "Identifikasi Potensi dan Masalah dalam Revitalisasi Kawasan Sungai Kalimas di Surabaya Utara." Jurnal Teknik ITS 6.2 (2017): C180-C182.
Ariyanti, Annisa, S. T. Wisnu Setiawan, and M. Arch. Revitalisasi Permukiman Kumuh di Desa Purwogondo sebagai Kampung Wisata Minat Khusus Home Industry Tahu. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.
Akbarwati, Evi, and Putu Gde Ariastita. "Revitalisasi kawasan pelabuhan kamal di madura." Jurnal Teknik ITS 2.2 (2013): C104-C108.
BPS, 2018, Kecamatn Galis dalam Angka 2018, Bangkalan: BPS Bangkalan
TW Ramdhan, B Arisandi - Nusantara Journal of Community Engagement, 2020
Yuniar, Tria Islamiyati. Perubahan pendapatan pedagang pasar pasca revitalisasi: Studi analisis di Desa Pangalengan. Diss. UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020.
Published
2020-12-23
How to Cite
Hakim, Z., Muttaqin, I., & Mudarris, M. (2020, December 23). Revitalisasi Jembatan Desa sebagai Akses Aktivitas Perekonomian Desa Bangpindah Kecamatan Galis Bangkalan. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 38-48. https://doi.org/https://doi.org/10.35309/dharma.v1i1.4137
Section
Articles