IBN ‘ARABI; EPISTEMOLOGI DAN KONTROVERSI

Authors

  • Abdul Mukit Ridwan Universitas Ibn Khaldun Bogor dan Peserta Kaderisasi Seribu Ulama Baznas-Dewan Dakwah Islamiyah

DOI:

https://doi.org/10.54625/elfurqania.v2i01.1421

Keywords:

Ibn ‘Arabi, epistemologi, pluralisme, wihdat al-wujud

Abstract

Perbincangan tentang tasawuf, sufi dan para pemukanya memang tidak pernah menemukan kata usai dan selesai. Karena ia mempunyai jangkauan meluas, akar mendalam yang harus benar-benar di perhatikan secara seksama oleh mereka yang ingin membahasnya. Terutama jika perbincangan tersebut berkaitan dengan salah satu pemuka tasawuf semacam Muhyiddin Ibn ‘Arabi> yang sudah tidak diragukan lagi otoritas dan kapasitas keilmuannya baik di Barat maupun di Timur. Di Timur, ia dikenal sebagai pemuka tasawuf yang jujur dalam perkataan dan menepatinya dengan tindakan dalam samudera rahasia ketuhanan. Sedangkan di Barat ia dikenal sebagai tabib yang dapat mengobati penyakit ganas Barat dengan ilmu dan pengetahuannya. Namun betapapun kekayaan wawasan, ilmu dan pengetahuan yang dimilikinya, popularitasnya sebagai hamba yang begitu mencintai Tuhannya, terdapat beberapa sisi beliau yang harus segera dibahas tuntaskan karena menyangkut akidah dan agama. Yaitu seperti sangkaan bahwa beliau adalah pendiri agama cinta, penganut pluralisme, tokoh dalam transendent unity of religions serta pegiat paham wihdat al-wuju>d.  Oleh sebab itu, penulis mengajukan judul, Ibn ‘Arabi>: epistemology dan kontroversi, agar dapat membahas tuntaskan masalah diatas. Metode yang penulis tempuh adalah library research dengan mengetengahkan pribadi Ibn ‘Arabi> dalam ratusan karya dan tulisannya untuk menjelaskan dan menuntaskan dugaan-dugaan dimaksud sehingga tuntas dan selesai. Semoga Allah memberi Taufiq dan kepada-Nya penulis pasrahkan segalanya.

References

Adi, Rianto, Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum, Jakarta: Granit, 2004
Agama, Departemen. Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: CV Penerbit J-ART, 2004.
‘Arabi>, Ibn. Rasa>il Ibn ‘Arabi>: Sharh Mabdai al-T{a>fa>n wa Rasa>il Ukhra>, Abu> Dabi: Majma’ al-Thaqa}fi>, 1998 M. , Al-Dhakha>ir al-A’laq fi> Sharh Tarjuma>n al-Ashwa>q, Kairo, t.tp
al-Ghazali,Abu Hamid, Futu>ha>t al-Makkiyah, ed. Osman Yahia, Kairo: Al-Ha’at al-Mishriyyah al-‘A<mmah li al-Kitab, 1997 M.
-------------------------- , Ayyuha> al-Walad, tahqi>q: Jami>l Ibra>him Habi>b, www.ghali.org, t.t.
Arif, Syamsuddin, Orientalis dan Diabolisme Pemikiran, Jakarta: Gema Insani, 2008 M.
Al-Bukha>ri>, S{ahi>h al-Bukha>ri>, Pustaka Da>r Al-Khair, 1996.
Al-But}i>, Sa’i>d Ramad}a>n, Ha>dha> Wa>lidi>: Al-Qis}s}ah al-Ka>milah li Haya>t al-Shai>kh Mulla> Ramad}a>n min Wila>datihi> Ila> Wafa>tihi>, Beirut: Da>r al-Fikr, 1995 M.
---------------------------, Kubra> al-Yaqi>niyya>t al-Kauniyah: Wuju>d al-Kha>liq wa Waz}i>fa>t al-Maklu>q”, Damaskus: Da>r al-Fikr, 1997 M.
Chtittick C. William, Dunia Imajinal Ibn ‘Arabi>: Kreativitas Imajinasi dan Persoalan Diversitas Agama, terj. Ahmad Syahid, Surabaya: Risalah Gusti, 2001 M.
Hafidz,Abdul, A’lâm al-‘Arab: al-Syeikh al-Akbar, Muhyiddin Ibn ‘Arabî, Sulthân al-‘Arifîn, Mesir; Hay-ah al-Mihriyah li al-Kitab, 1986 M.
Al-Hefni, Abdul Mun’im, al-Mausu’ah al-Shufiyah, Kairo: Dar al-Rasyad, 1992 M.
Husaini, Adian, Tinjauan Historis: Konflik Yahudi-Kristen-Islam, Jakarta: Gema Insani Press, 2004 M
Kathi>r Ibn, Tafsi>r al-Qur’a>n al-‘Az}i>m, Da>r al-T{aybah, 1422 H.
Kunto, Ari dan Suharsimi, Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek, cet. ke-10, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1996.
Miguel Asin Palacios, terj. Abdurrahman al-Badawi, Ibn ‘Arabî: Hayatuhu wa Madzhabahu, Makatabah Injilo al-Mishriyah, 1965 M.
Nashr Hamid, Abu Zaid, Hakadza Takallama Ibn ‘Arabî, Mesir: al-Hay-ah al-Mishriyah al-‘Ammah li al-Kitab, 2002 M
Al-Qurt}u>bi>, Al-Ja>mi’ li Ahka>m al-Qur’a>n, Riya>d}: Da>r al-‘Alam al-Kutub, 1423 H.
Al-Sha’ra>ni>, Abd al-Wahha>b, al-T{abaqa>t al-Kubra>, Tarjamah Ibn ‘Arabi>, Da>r al-S{adr, 2003 M.
al-Yawa>qit wa al-Jawa>hir fi> Baya>n ‘Aqa>id al-Aka>bir, Da>r al-S{adr, 2003 M.
S. Sumatri, Juju, Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer, Jakarta; Pustaka Sinar Harapan, 1988.
Sudatro, Metode Penelitian Filsafat, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.
Yu>suf, Muhammad ‘Ali Haj. Shams al-Maghrib: Si>rat Shai>kh al-Akbar Ibn ‘Arabi> wa Madhhabuhu>, Suriyah, Halb ‘A<s}imah li al-Thaqa>fah al-Ilmiyah, 2006 M/ 1427 H.

Downloads

Published

2016-02-10

How to Cite

Ridwan, A. M. (2016). IBN ‘ARABI; EPISTEMOLOGI DAN KONTROVERSI. El-Furqania : Jurnal Ushuluddin Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(01), 88–113. https://doi.org/10.54625/elfurqania.v2i01.1421