Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Dampak Kekerasan Terhadap Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Anak Didik

  • Widodo Widodo Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Watulimo Trenggalek

Abstract

Abstrak:Faktor-faktor yang menjadi penyebab orang tua melakukan kekerasan terhadap anak terbagi menjadi 3 faktor, yaitu: adanya kesalahan persepsi orang tua terhadap anak, rendahnya tingkat ekonomi orang tua, dan latar belakang pendidikan orang tua yang rendah. Bentuk-bentuk kekerasan orang tua terhadap anak dapat dikelompokkan menjadi 2, yaitu: kekerasan fisik dan kekerasan psikologis. Dampak kekerasan orang tua terhadap perkembangan kecerdasan emosional spiritual anak ini mengarah pada hal-hal yang negatif. Dampak tersebut diantaranya adalah: sadar atau tidak kekerasan yang dilakukan orang tua telah menanamkan kebencian dan rasa takut yang berlebihan pada diri anak. Kata kunci: Kekerasan, Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Abstract:Factors that cause parents to violence against children is divided into three factors, namely: the tu misperceptions of children, low levels of parents and the educational background of parents are low. Forms of violence against the child's parents can be grouped into two, namely: physical violence and psychological violence. The impact of violence against the elderly spiritual development of children's emotional intelligence leads to things that are negative. These impacts include the following: knowingly or not violence committed parents have instilled hatred and excessive fear in children. Keyword: Violence, Emotional Spiritual Quotient (ESQ)

References

Abdullah, Mas Udik, Meledakkan IESQ Dengan Langkah Taqwa & Tawakal, ed. Fauzi Fauzan dan Sakti Wibowo, (Jakarta: Zikrul Hakim, 2005)
'Abdur Rahman, Jamal, Athfaalul Muslimin, Kaifa Rabbahumun Nabiyyul Amin (Tahapan Mendidik Anak Teladan Rasululla SAW), terj. Bahrun Abubakar Ihsan Zubaidi, (Bandung: Irsyad Baitus Salam, 2005)
Agustian, Ary Ginanjar, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukuk Islam, (Jakarta: Arga Wijaya Persada, 2001)
________, Rahasia Sukses Membangkitkan ESQ Power, (Jakarta: Arga Wijaya Persada, 2003)
Allen, Jane Elizabeth dan Marilyn Cheryl, Construktive Childcare Provivers: Building The Environments For Preschool Children (Disiplin Positif Menciptakan Dunia Penitipan Anak yang Edukatif Bagi Anak Pra-Sekolah), terj. Imam Machfud, (Jakarta: Prestasi Pustakarya, 2005)
Badudu, JS, dan Sutan Muhammad Zain, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1996)
Dalyono, M., Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008)
Goleman, Daniel, Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional), terj. T. Hermaya, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1996)
________, Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005)
Hasan, Aliah B. Purwakania, Psikologi Perkembangan Islam: Menyingkap Rentang Kehidupan Manusia dari Prakelahiran hingga Pasca Kematian, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006)
Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan (Umum dan Agama Islam), (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003)
Gunarsa, Singgih D. dan Y. Singgih D. Gunarsa, Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Keluarga, (Jakarta: Gunung Mulia, 1991)
Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005)
Mazhahiri, Husain, Pintar Mendidik Anak, Jakarta: (LENTERA BASRITAMA, 1999)
Muawanah, Elfi, Bimbingan Konseling, (Jakarta: Bina Ilmu, 2004)
Mubayyadh, Muhammad Sa'id, Akhlak At Thiflu Al Muslim (Akhlak Anak Muslim), terj. Abdul Syukur dkk, (Jakarta: Najl Pers, 2006)
Musthofa, Yasin, EQ Untuk Anak Usia Dini dalam Pendidikan Islam, (t.t.p: Sketsa, 2007)
Patoni, Achmad, et. all., Dinamika Pendidikan Anak, (Jakarta: Bima Ilmu, 2006)
Qomar, Mujamil, dkk., Meniti Jalan Pendidikan Islam, ed. Akhyak, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003)
Satiadarma, Monty P., Persepsi Orang Tua Membentuk Perilaku Anak: Dampak Pygmalion di dalam Keluarga, (Jakarta: Pustaka Populer Obor, 2001)
Shaleh, Abdul Qodir, Agama Kekerasan, (Yogyakarta: PRISMASHOPIE Press, 2003)
Soyomukti, Nurani, Pendidikan Berperspektif Globalisasi, (Jogjakarta: Ar Ruzz Media, 2008)
Thohir, Muhammad, "Pendidikan Tanpa Kekerasan (Telaah verbal abuse dalam Lingkungan Keluarga dan Sekolah)", dalam Ta'allum Jurnal Pendidikan Islam, vol. 17. No.1, Juni, 2007.
Uno, Hamzah B., Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2006)
Yusuf , L.N., Syamsu, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005)
Yusuf, Muhammad Yasin, Tarekat Bagi Masyarakat Muslim di Era Modern: Studi Kasus Tarekat Qodariyah wa Naqsabandiyah dalam Peningkatan ESQ (Emotional-Spiritual Quotient) di Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang, (Malang: t.p., 2003)
Published
2017-03-09
How to Cite
Widodo, Widodo. KABILAH : Journal of Social Community 1, no. 2 (March 9, 2017): 275-305. Accessed August 25, 2019. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/2864.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.