Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Pembawaan, Keturunan, Dan Lingkungan Dalam Perspektif Islam

  • Muhammad Fathurrohman SMPN 2 Pagerwojo, Tulungagung

Abstract

Abstrak:Psikologi pendidikan, ketika melihat alam, faktor keturunan dan lingkungan berkembang menjadi empat aliran, yaitu empirisme, naturalisme, nativisme, dan konvergensi. Islam muncul dalam teori fithrah, di mana anak-anak memiliki potensi potensi bawaan agama dalam bentuk Islam. Selain itu, potensi fisik anak juga mengikuti keturunan orang tua. Kondisi perbedaan peserta didik tersebut akan mempengaruhi pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik, baik dalam menentukan model pembelajaran, pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pengajaran, pemilihan media pembelajaran dan sebagainya, bahkan sikap atau interaksi dalam melakukan pembelajaran. Kata Kunci: Pembawaan, Keturunan, Lingkungan Abstract:General educational psychology when looking at nature, heredity and environment developed into four streams, namely empiricism, naturalism, nativism, and convergence. Islam emerged in theory fithrah, where children have the potential of religious inborn potential in the form of Islam. In addition, the physical potential of children also follow the descendants of that parent. Conditions such learners difference will affect the learning undertaken by educators, both in determining the learning model, learning approaches, learning strategies, teaching methods, the selection of instructional media and so forth, even attitudes or interaction in conducting learning. Keywords: Innate, Heredity, Environment

References

Ahmadi, Abu, Nur Uhbiyati., Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2001)
Akhyak. Profil Pendidik Sukses: Sebuah Formulasi dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Surabaya: eLKAF, 2005)
Al-Bukhari, Abu Abdillah Muhammad ibn Isma'il. Shahih Bukhari juz 5, Mauqi'u al-Islam: dalam Software (al-Maktabah al-Syamilah, 2005)
Al-Ghazali, Abu Hamid, Bidayah al-Hidayah dalam Khawasyi Miraqil Ubudiyah, (Semarang: Toha Putra, tt)
Anwar, Saeful, Filsafat Ilmu al Ghazali: Dimensi Ontologi dan Aksiologi, (Bandung: Pustaka Setia, 2007)
Arifin, H. M., Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bina Aksara, 2006)
Arifin, H. M., Psikologi dan Beberapa Aspek Kehidupan Rohaniah Manusia, (Jakarta: PT.Bulan Bintang, 1976)
Ashraf, Ali, Horizon Baru Pendidikan Islam, terj. Sori Siregar, (Jakarta: Pustaka Firdaus, 1996)
Assegaf, Abd.Rachman, Studi Islam Konstektual: Elaborasi Paradigma Baru Muslim Kaffah, (Yogyakarta: Gama Media, 2005)
Aziz, Erwati, Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam, (Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2003)
Barnadib, Sutari Imam, Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis, (Yogyakarta: FIP IKIP Yogyakarta, 1986)
Dalyono, M., Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2007)
Danim, Sudarwan, Khairil, Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru, (Bandung: Alfabeta, 2010)
Dariyo, Agoes, Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama, (Bandung: PT RefikaAditama, 2009)
Hidayah, Rifa, Psikologi Pendidikan, (Malang: UIN Maliki Press, 2006)
Hurlock, Elizabeth B., Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan,terj. Isti Widayanti dan Soedjarwo, (Jakarta: Erlangga, 2000)
Indayati, Retno, Ilmu Jiwa Perkembangan, (Tulungagung: Fakultas Tarbiyah, 1995)
Koentjaraningrat, Kebudayaan, Mentalitas dan Pembangunan, (Jakarta: Gramedia, 1989)
Lester, Crow, Crow Alice, Educational Psychology I, terj, (Surabaya: PT Bina Ilmu, 1987)
Mahmud, Psikologi Pendidikan, (Bandung: Pustaka Setia, 2010)
Majah, Ibn, Sunan Ibn Majah Juz 5, Mauqiu al-Hadits: dalam Software al-Maktabah al-Syamilah, 2005)
Makhluf, Louis. Kamus al- Munjid fi al-Lughah, Tp: 1977
Maunah, Binti, Diktat Ilmu Pendidikan, (Tulungagung: Diktat Tidak diterbitkan, 2001)
Nuryani, "Wawasan Keilmuan Islam Al-Ghazali: Studi Analisa Pemikiran al-Ghazali dalam Kitab Bidayah al-Hidayah", dalam Ta'allum Jurnal Pendidikan Islam,Vol. 28, No.1.
Purwanto, M. Ngalim, Psikologi Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1992)
Riyanto, Yatim. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas, (Jakarta: Kencana Prenada Media, 2009)
Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar, (Bandung: Alfabeta, 2010)
Sahlan, Asmaun, Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah: Upaya Mengembangkan PAI dari Teori ke Aksi, Malang: UIN Maliki Press, 2010.
Sumanto, Wasti. Psikologi Pendidikan, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006)
Sunarto, B. Agung Hartono. Perkembangan Peserta Didik, (Jakarta: PT.Rineka Cipta, 2002)
Suryasubrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Rajawali Pers, 1990)
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000)
Tanzeh, Ahmad. “Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filosof Muslim”, dalam Meniti Jalan Pendidikan Islam, ed, Akhyak, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003)
Tim Dosen FIP IKIP Malang. Pengantar Dasar-Dasar Kependidikan, (Surabaya: Usaha Nasional, 1988)
Tim Dosen IKIP. Pengantar Psikologi Umum, (Surabaya:Usaha Nasional, 1990)
Wibowo, Budaya Organisasi: Sebuah Kebutuhan untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Panjang, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010)
Yasin, A. Fatah. Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam, (Malang: UIN Malang Press, 2008)
Yusuf, Syamsu. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005)
Published
2017-03-09
How to Cite
Fathurrohman, Muhammad. KABILAH : Journal of Social Community 1, no. 2 (March 9, 2017): 379-406. Accessed August 25, 2019. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/2868.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.