Inovasi Kurikulum PAI Tingkat Sekolah Dasar Berbasis Budaya Lokal Karo di Wilayah Suku Tengger Sabrang Kulon

Authors

  • Ahmad Marzuki Universitas Yudharta Pasuruan
  • Achmad Yusuf Universitas Yudharta Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.35127/kbl.v4i1.3465

Abstract

Abstrak: Penelitian ini secara spesifik menginisiasi inovasi kurikulum berbasis budaya lokal di wilayah suku tengger, dengan cara memasukkan nilai-nilai budaya Karo pada kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) tingkat Sekolah Dasar (SD) kelas VI. Sebuah keniscayaan kurikulum memiliki relevansi dengan kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu diperlukan kurikulum sekolah yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat baik pada saat ini maupun yang akan datang. Kemampuan sekolah dalam mendesain kurikulum yang berorientasi kepada kebutuhan masyarakat itu harus mempertimbangkan peserta didik sebagai bagian dari anggota masyarakat, peserta didik  harus dididik sesuai dengan keadaan masyarakat, karena dia akan kembali kepada masyarakat setelah mereka selesai menempuh studi mereka di sekolah. Jika ditemukan lulusan sekolah yang tidak dapat menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, menjadi beban masyarakat, maka sudah tentu tujuan pendidikan itu gagal. Kurikulum PAI sebagai salah satu komponen pendidikan harus dirancang dengan sebaik-baiknya agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu berbagai inovasi kurikulum PAI diperlukan untuk menemukan sebuah bentuk atau model yang sesuai dengan masing-masing kondisi daerah atau negara tertentu. Model inovasi kurikulum PAI ini akan menentukan generasi atau masyarakat minoritas muslim di wilayah suku tengger dalam merespon pelbagai ragam budaya lokal. Pemahaman peserta didik pada materi pembelajaran PAI akan sangat menentukan eksistensi mereka di tengah-tengah masyarakat yang sangat kental dengan ritual adat dalam kehidupan sehari-hari. Ada empat bagian pada silabus, terutama pada materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran kelas VI pada pelajaran satu (Indahnya Saling Menghormati), pelajaran enam (Indahnya Saling Membantu), pelajaran delapan (senangnya berakhlak terpuji), dan pelajaran sembilan (Ayo berinfak dan bersedekah) yang akan dikembangkan dalam penelitian ini, sehimgga diharapkan pemahaman peserta didik lebih luas dan bijak dalam merespon fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar. Abstract: This study specifically initiated local culture-based curriculum innovations in the Tengger tribal region, by incorporating karo cultural values ​​into the class VI Islamic Education curriculum. A curriculum inevitability has relevance to people's needs. Therefore a school curriculum is needed that can answer the needs of the community both now and in the future. The ability of schools to design curriculum that is oriented to the needs of the community must consider students as part of community members, students must be educated in accordance with the conditions of the community, because he will return to the community after they have finished their studies at school. If it is found that school graduates who cannot become good and useful members of society, become a burden on the community, then of course the educational goals fail. The Islamic Education curriculum as one component of education must be designed as well as possible to suit the needs of the community. Therefore various PAI curriculum innovations are needed to find a form or model that is appropriate to each condition of a particular region or country. This Islamic Education curriculum innovation model will determine the generation or minority Muslim community in the Tengger tribe region in response to various local cultures. Understanding of students in PAI learning material will greatly determine their existence in the midst of a community that is very thick with traditional rituals in daily life. There are four parts to the syllabus, especially in learning materials and learning activities of class VI in lesson one (Beautiful Respect for each other), lesson six (Beautiful Help each other), lesson eight (happy to be praiseworthy), and lesson nine (Come on and give charity) will be developed in this study, so that it is expected that the understanding of students is broader and wiser in responding to the phenomena that occur in the surrounding environment.

Author Biography

Ahmad Marzuki, Universitas Yudharta Pasuruan

CURRICULUM VITAE   DATA PRIBADI Nama                    : Dr. Ahmad Marzuki, S.PdI, M.Ag TTL                      : Mojokerto, 15 Juni 1982 Status                    : Menikah Jumlah Anak       : Dua (Farah Ahmida An-Natiqoh dan M. Azwan Murtaza) Alamat                  : Jl. Pasar Sedati No 34 RT: 01 RW: 01 Ngoro-Mojokerto HP/WA                : 085646510065 Email                   : marzuki@yudharta.ac.id   PENDIDIKAN Pondok Pesantren Al-Karimy Ngoro Mojokerto 1994-1997 Pondok Pesantren Ngalah Sengonagung 1997-2011 MI Ainul Ulum Lulus Tahun 1994 SMP Islam Sedati Lulus Tahun 1997 MA Darut Taqwa Sengonagung Lulus Tahun 2000 S1 Un Yudharta Pasuruan Lulus Tahun 2005 S2 UNISMA Malang Lulus Tahun 2008 S3 UIN Sunan Ampel Surabaya lulus Tahun 2017   PENGALAMAN  ORGANISASI Pengurus Himma Prodi PBA Ketua Organisasi Ekstra Kampus PMII Koordinator Devisi Pendidikan Ikatan Alumni Santri Ngalah Pengurus IKA PMII Pasuruan Anggota Forum Komunikasi Dosen Peneliti Kopertais IV     PENGALAMAN  BEKERJA Guru Madrasah Diniyah Darut Taqwa 2005-sekarang Guru MA Darut Taqwa dan SMK Darut Taqwa mulai tahun 2005-2011 Dosen Universitas Yudharta mulai tahun 2011-sekarang Kepala Pusat Pengembangan Informasi dan Komunikasi mulai tahun 2013-sekarang Auditor Lembaga Penjamin Mutu UYP   PENGALAMAN  MENULIS “Dinamika Bahasa  Arab  Dalam  Konteks  Indonesia† dipublikasikan  Jurnal  STUDI  ARAB Tahun 2012 “Pendidikan Memanusiakan  Manusia:  Komparasi  Pemikiran  Al-Ghazali  dan  Paolo  Freire diterbitkan oleh Yudharta Press Tahun 2013 “Ekskul Dongkrak Prestasi†dimuat Radar Bromo Tahun 2011 “LKS ‘Membunuh’ Kreatifitas Siswa†dimuat Koran Harian Jawa Pos “Studi Agama Dalam Perspektif Insider dan Outsider†Penerbit YAFAT Sumenep “Paradigma Pendidikan Humanistik†diterbitkan Jurnal Inovasi BDK Kemenag Provinsi Jatim Tahun 2014 Buku Ajar “Pengantar PAI†Untuk Mahasiswa diterbitkan oleh Yudharta Press 2015 “Peran Majelis Taklim Dalam Meningkatkan Pengetahuan Keagamaan di Wilayah Suku Tengger†diterbitkan Jurnal Mafhum Universitas Yudharta 2017 “Pengembangan Media Pembelajaran PAI dengan Menggunakan Adobe Flash: diterbitkan Jurnal Al-Gazhwah FAI Universitas Yudharta Pasuruan 2017 Buku “Tarekat dan Semangat Nasionalisme†diterbitkan Yudharta Press 2018  

Downloads

Published

2019-06-01

How to Cite

Marzuki, Ahmad, and Achmad Yusuf. “Inovasi Kurikulum PAI Tingkat Sekolah Dasar Berbasis Budaya Lokal Karo Di Wilayah Suku Tengger Sabrang Kulon”. KABILAH : Journal of Social Community 4, no. 1 (June 1, 2019): 1–14. Accessed March 29, 2024. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/3465.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.