ANALISIS ISLAMIC MARKETING MIX PRODUK McDONALD’S BTS MEAL DI INDONESIA

Authors

  • Syarifudin Syarifudin Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Siti Nur Azizah Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Rofika Febriani Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Rifqah Karimah Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abstract

Abstrak: BTS Meal merupakan produk baru dari McDonald’s yang tersebar di seluruh dunia termasuk Indonesia. BTS Meal dapat meningkatkan nilai penjualan di masa pandemi. BTS Meal juga meraih lonjakan penjualan yang tinggi dikarenakan memiliki strategi marketing yang baik dan tepat. Marketing menjadi sebuah teknik yang harus dilakukan agar suatu perusahaan dapat mencapai tujuan yang ingin dicapai. Banyaknya fans BTS yang beragama muslim diperlukan adanya analisa strategi marketing mix dalam perspektif Islam. Berfokus pada produk, harga, promosi, tempat, proses, SDM dan bukti fisik yang kemudian dikombinasikan dengan nilai-nilai keislaman seperti nilai kehati-hatian dan kesesuaian dengan prinsip etika bisnis Islam. Metode penelitian dalam penelitian ini ialah metode kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa strategi marketing mix pada produk BTS Meal dalam prespektif Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa marketing mix pada produk BTS Meal telah sesuai dengan marketing mix dalam perspektif Islam. Hanya saja dari segi promosi dapat menimbulkan kefanatikan pada fans yang berlebihan serta kerumunan dalam pemesanan belum memberikan keamanan bagi driver ojek online di masa pandemi ini.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Syarifudin, Syarifudin, Siti Nur Azizah, Rofika Febriani, and Rifqah Karimah. “ANALISIS ISLAMIC MARKETING MIX PRODUK McDONALD’S BTS MEAL DI INDONESIA”. KABILAH : Journal of Social Community 6, no. 2 (December 31, 2021): 16–32. Accessed April 20, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/5390.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.