Pengelolaan Kegiatan Religius Dalam Menginternalisasikan Karakter Toleransi Dan Cinta Damai Di MTsN I Kota Malang

Authors

  • Ahmad Ulil Absor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini untuk menganalisa dan menjelaskan nilai karakter toleransi dan cinta damai dari kegiatan religious, strategi penunjang pengelolaan kegiatan religius dalam menginternalisaiskan karakter toleransi dan cinta damai, dan faktor  - faktor yang menjadi keberhasilan. Dalam penelitian ini, penulis mengguanakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi lapangan dan  dokumentasi.  Kemudian,  data  yang  terkumpul  berupa  kata-kata, catatan lapangan, dan dokumentasi dianalisis dengan cara reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan untuk pengecekan keabsahan data, menggunakan triangulasi.Hasil penelitian kegiatan praktis religius menunjukkan nilai – nilai toleransi dan cinta damai semisal bakti sosial nilai yang didapat yaitu gotong royong, sholat berjamaah memiliki nilai berupa silaturrahmi, Idul Fitri memiliki nilai saling memaafkan sehingga menjauhkan konflik  dan sebagainya. Strategi yang digunakan yaitu dengan cara struktural, formal, mekanik (media, metode) dan organik (pembiasaan). Faktor yang menjadi keberhasilan diantaranya: dana, fasilitas sekolah, pemateri, talent siswa, dukungan struktural, motivasi siswa dan motivasi pengurus kegiatan, dan latar belakang siswa. Kata Kunci : Pengelolaan Kegiatan Religius, Karakter Toleransi, Karakter Cinta Damai.
Vol. 6, No. 2 (2021): Desember

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Absor, Ahmad Ulil. “Pengelolaan Kegiatan Religius Dalam Menginternalisasikan Karakter Toleransi Dan Cinta Damai Di MTsN I Kota Malang”. KABILAH : Journal of Social Community 6, no. 2 (December 31, 2021): 102–114. Accessed April 24, 2024. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/5403.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.