KINERJA PEGAWAI PUSKESMAS LARANGAN DALAM PENCEGAHAN PENULARAN CORONA VIRUS DISEASE 2021 (COVID-19) KABUPATEN PAMEKASAN

Authors

  • Imadoeddin Imadoeddin Universitas Madura

Abstract

Abstrak: Kinerja merupakan gambaran tingkat pencapaian tugas yang dilakukan dalam organisasi dalam rangka mencapai tujuan, sasaran, misi dan visi dalam organisasi. Dalam upaya pencegahan Covid19, Puskesmas Ban secara bertahap memperkuat peran Puskesmas di masyarakat dengan melakukan upaya sosialisasi dan pencegahan penyebaran Covid19. Menggunakan konsep tiga dimensi kinerja atau performance untuk mengukur tiga fungsi (fP) di tempat kerja, yaitu kombinasi kemampuan (AbilityA) dan usaha (EffortE), untuk mengukur kinerja karyawan tim pencegahan dan pengendalian COVID19 Larangan Pusat) dan dukungan (DukunganE). S) Konsep kinerja tiga dimensi sederhana adalah sebagai berikut: {Performance = fP(AxExS)}. Jenis dalam penelitian ini menggunakan yaitu penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi keterampilan adalah keterampilan kinerja P2Covid19. Menurut kemampuannya, terdiri dari kelompok tenaga kesehatan yang diketuai oleh dokter, kelompok tenaga monitoring, kelompok tenaga promosi kesehatan, kemudian kelompok tenaga humas, tim logistik, dan sopir. Atau pengemudi. Dimensi usaha atau effort adalah usaha yang dilakukan oleh pegawai dalam melaksanakan tugasnya. Kinerja pegawai tim pencegahan dan pengendalian Covid 19 di Puskesmas dilarang melaksanakan dengan sungguh-sungguh, menjaga silaturahmi dengan rekan sejawat, dan mentaati disiplin dalam bekerja. Dorongan atau motivasi dari pimpinan merupakan pemicu dorongan awal kepada bawahan. Kepemimpinan adalah kunci untuk mencapai titik kerja yang optimal dalam lingkungan kerja yang harmonis. Memberikan dukungan organisasi terbaik untuk tim pencegahan dan pengendalian Covid 19 Puskesmas Ban. Bagaimana mendapatkan dukungan dari pemerintah bupati Pamekasan. Dukungan yang diberikan diberikan dalam bentuk berbagai fasilitas, seperti tim kesehatan, dukungan ALKES, dan ambulans cadangan. Memberikan dukungan untuk berbagai kegiatan dalam bentuk seminar dan pembinaan khusus.   Kata Kunci: Kinerja Pegawai, Kinerja Pegawai Tim P2Covid-19
Vol. 6, No. 2 (2021): Desember

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Imadoeddin, Imadoeddin. “KINERJA PEGAWAI PUSKESMAS LARANGAN DALAM PENCEGAHAN PENULARAN CORONA VIRUS DISEASE 2021 (COVID-19) KABUPATEN PAMEKASAN”. KABILAH : Journal of Social Community 6, no. 2 (December 31, 2021): 176–186. Accessed April 19, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/5412.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.