PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MILENIAL: UPAYA MEWUJUDKAN GENERASI UNGGUL DENGAN NILAI-NILAI ISLAM

Authors

  • Moh Khorofi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstract

Abstrak: Era milenial yang sedang berlangsung saat ini merupakan fase kehidupan yang diperuntukkan bagi generasi yang lahir ketika teknologi dan internet berkembang pesat. Mereka dikenal sebagai generasi yang tidak hanya nyaman dengan teknologi, tetapi juga merasa tidak nyaman hidup tanpa teknologi. Kemajuan teknologi di satu sisi diakui semakin memudahkan siswa dalam mencari informasi dan ilmu pengetahuan, namun di sisi lain juga menyebabkan terjadinya pergeseran nilai dalam sikap hidup dan pengamalan agama yang bias menuju kebebasan dan hiper teknologi. Dalam menyikapi kondisi tersebut, pendidikan Islam harus dilibatkan dengan melakukan berbagai upaya strategis untuk mengubah tantangan yang dihadapi agar menjadi peluang sebagai upaya melahirkan generasi unggul yang cerdas dan berakhlak mulia. Artikel ini akan menjelaskan pentingnya peran pendidikan Islam untuk bertanggung jawab di tengah perubahan zaman yang mengedepankan pemanfaatan teknologi digital sebagai media komunikasi dan sumber belajar. Melalui penggunaan metode penelitian kepustakaan, artikel ini mengumpulkan berbagai ide, fakta, hasil penelitian dan pendapat dari para ahli disertai dengan analisis terkait, sehingga terlihat betapa pentingnya kontribusi pendidikan Islam dalam menciptakan generasi unggul yang tidak hanya memiliki intelektual dan potensi material, tetapi juga potensi moral dan spiritual. Kata kunci: Pendidikan Islam, Era Milenial, Generasi Unggul.  
Vol. 6, No. 2 (2021): Desember

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Khorofi, Moh. “PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MILENIAL: UPAYA MEWUJUDKAN GENERASI UNGGUL DENGAN NILAI-NILAI ISLAM”. KABILAH : Journal of Social Community 6, no. 2 (December 31, 2021): 207–230. Accessed April 26, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/5414.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.