Implementasi Indeks Desa Zakat (IDZ) Pada Desa Jrangoan Kecamatan Omben Kabupaten Sampang

Authors

  • Mahmudi Mahmudi IAI Nazhatut Thullab Sampang
  • Anwar Anwar IAI Nazhatut Thullab Sampang
  • Umar Faruq IAI Nazhatut Thullab Sampang

Abstract

Abstrak: BAZNAS sebagai pusat pengelolaan zakat nasional meyelenggarakan program pemberdayaan zakat dalam bentuk program indeks desa zakat (IDZ). IDZ merupakan mekanisme yang digunakan untuk mengukur kondisi sebuah desa sehingga dapat dikatakan layak atau tidak layak dibantu oleh dana zakat yang diukur melalui lima dimensi yaitu: ekonomi, kesehatan, pendidikan, sosial dan kemanusiaan, serta, dakwa dan advokasi. Lima dimensi itulah yang kemudian menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Sedangkan teknik estimasi penghitungan untuk memperoleh nilai IDZ menggunakan metode Multi-Stage Weighted Index. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Denagn metode berbasis Mixed Methods, yaitu sebuah metodologi penelitian yang mengintegrasikan metode kuantitatif dan kualitatif. Kajian ini memuat metode kualitatif yang digunakan dalam menyusun komponen pembentuk Indeks Desa Zakat. Sedangkan metode kuantitatif digunakan dalam membentuk model estimasi penghitungannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desa Jrangoan dikategorikan baik dengan nilai 0,68 dan diinterpretasikan kurang diprioritaskan untuk dibantu dana zakat.   Kata Kunci: IDZ

Downloads

Published

2020-12-27

How to Cite

Mahmudi, Mahmudi, Anwar Anwar, and Umar Faruq. “Implementasi Indeks Desa Zakat (IDZ) Pada Desa Jrangoan Kecamatan Omben Kabupaten Sampang”. KABILAH : Journal of Social Community 5, no. 2 (December 27, 2020). Accessed May 4, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/5566.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.