IMPLEMANTASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI LINGKUNGAN KELUARGA DAN SEKOLAH

Authors

  • Fredy Yunanto Univeritas Madura, Pamekasan
  • Mohammad Rudiyanto Univeritas Madura, Pamekasan
  • Sandy Vikki Aryanto Univeritas Madura, Pamekasan
  • Ria Kasanova Univeritas Madura, Pamekasan
  • Nur Syakherul Habibi Univeritas Madura, Pamekasan

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperjelas dan mengungkap pentingnya pendidikan karakter di lingkungan keluarga dan sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan library-based yaitu mencari referensi melalui artikel dan sumber lain yang dianggap relevan dan representatif. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa pendidikan karakter sudah ada sejak masa pra-kemerdekaan, tetapi tidak diberi nama seperti itu, melainkan pendidikan karakter, akhlak dan pancasila. Istilah pendidikan karakter mulai populer sejak   pasca reformasi; Pembentukan kepribadian pada masa sebelum kebijakan pembangunan kepribadian nasional belum sepenuhnya terbingkai dalam sistem pendidikan nasional. Konteks pendidikan karakter dalam pendidikan nasional selalu dipahami dari pendidikan yang berlandaskan budaya, pancasila dan agama, namun pelaksanaannya belum sepenuhnya diatur. Sementara itu, setelah kebijakan nasional pengembangan kepribadian, pendidikan karakter telah menjadi ciri sistem pendidikan nasional dan pelaksanaannya dirinci mulai dari strategi pelaksanaan hingga tahap pembentukan karakter anak.   Kata kunci: pendidikan karakter, keluarga, sekolah

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

Yunanto, Fredy, Mohammad Rudiyanto, Sandy Vikki Aryanto, Ria Kasanova, and Nur Syakherul Habibi. “IMPLEMANTASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI LINGKUNGAN KELUARGA DAN SEKOLAH”. KABILAH : Journal of Social Community 7, no. 1 (December 11, 2022): 49–62. Accessed April 26, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/5780.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.