EFEKTIVITAS PENERAPAN NILAI-NILAI KEBERSIHAN LINGKUNGAN TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH IT DINAMIK UMAT

Authors

  • Nurhilal hamdah Universitas Ibn Khaldun, Bogor
  • Gunawan Ikhtiono Universitas Ibn Khaldun, Bogor
  • Sutisna Sutisna Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Abstract

Abstrak Dampak dari kurang sadarnya peserta didik dalam menjaga kebersihan sekolah dapat menyebabkan tercemarnya lingkungan sehingga menyebabkan terjadinya berbagai penyakit, kelas menjadi bau dan peserta didik tidak nyaman ketika melakukan pembelajaran di dalam kelas. Oleh karena itu sekolah sebaiknya menerapkan nilai-nilai kebersihan terhadap peserta didik agar dapat menumbuhkan kedisiplinan bagi peserta didik. Tujuan dari penelirtian ini yaitu untuk mengetahui nilai-nilai kebersihan lingkungan yang diterapkan disekolah IT Dinamika Umat dan untuk mengetahui efektivitas dari penerapan nilai-nilai kebersihan lingkungan terhadap kedisiplinan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dan sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa penerapan nilai-nilai kebersihan kepada peserta didik terhadap kedisplinan di sekolah IT Dinamika Umat yang dilakukan secara berkesinambungan akan efektif, yaitu dengan menerapkan ketauladanan yang baik kepada peserta didik sehingga tergerak hatinya untuk meniru dan mengikutinya, ditambah dengan kegiatan-kegiatan seperti adanya jadwal piket yang membuat peserta didik dapat bertanggung jawab atas tugasnya, serta adanya sanksi yang mendidik memberikan efek jera kepada peserta didik sehingga peserta didik tidak mengulanginya lagi. Kata Kunci:  Penerapan Nilai-nilai kebersihan, kedisiplinan peserta didik

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

hamdah, Nurhilal, Gunawan Ikhtiono, and Sutisna Sutisna. “EFEKTIVITAS PENERAPAN NILAI-NILAI KEBERSIHAN LINGKUNGAN TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH IT DINAMIK UMAT”. KABILAH : Journal of Social Community 7, no. 1 (December 11, 2022): 105–113. Accessed April 24, 2024. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/5784.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.