KARAKTERISTIK DAN STRATEGI INOVASI PENDIDIKAN

Authors

  • Muqoffi Muqoffi IAI NATA Sampang
  • Triyo Supriyatno UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Marno Marno UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstract

Abstrak Inovasi pendidikan dan pembelajaran adalah gagasan baru sebagai hasil pemikiran kembali untuk memecahkan persoalan yang tidak terpecahkan oleh cara-cara tradisional. Materi PAI yang sulit/lambat dipahami oleh peserta didik dapat dipecahkan dengan ide yang inovatif dan terbarukan. Memahami inovasi tidak hanya dari faktor kekinian atau bahkan launching pertama di dunia, tapi juga melihat sisi karakteristiknya. Karakteristik inovasi pendidikan dan pembelajaran PAI adalah relative advantage, compatibility, complexity, trialability, dan observability. Empat karakteristik yang referesentatif untuk mengidentifikasi eksistensi ide inovatif, sehingga inovasi yang digagas betul-betul memberi daya guna kepada peserta didik. Inovasi dibutuhkan strategi yang jitu, yaitu power coercive, rational empirical dan normative-re-educative. Juga strategi inovasi pendidikan Islam secara teoritis-konseptual dan strategi inovasi pendidikan Islam secara aplikatif-institusional.

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

Muqoffi, Muqoffi, Triyo Supriyatno, and Marno Marno. “KARAKTERISTIK DAN STRATEGI INOVASI PENDIDIKAN”. KABILAH : Journal of Social Community 7, no. 1 (December 11, 2022): 227–234. Accessed April 25, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/5793.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.