KONSTRUKSI PENDIDIKAN RAMAH ANAK

(Kajian Humanisasi Pendidikan Di MI Miftahul Ulum Sumur Tengah, Palengaan Laok, Pamekasan )

Authors

  • Abdul Halim Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan
  • Mohamad Thoyyib Madani IAI NATA Sampang
  • Zainuddin Zainuddin IAI NATA Sampang

Abstract

Abstrak: Pelaksanaan sekolah yang ramah anak menjadi bagian yang penting dilakukan oleh sekolah sesuaii dengan amanat sistem perundang-undangan di Negera Kesatuan Republik Indonesia. Kendatipun demikian, masih banyak ditemukan praktik pendidikan yang justru melakukan tindakan kekerasan dan diskriminasi sehingga perlu dilakukan upaya untuk menghumanisasi paradigma pendidikan di lembaga pendidikan. Penelitian ini berusaha mengkaji fenomena sekolah ramah anak yang diterapkan di MI Miftahul Ulum Sumur Tengah, Palengaan Laok, Pamekasan di mana lembaga ini memiliki komitmen untuk memberikan layanan pendidikan yang baik dengan prinsip keamanan, kenyamanan, kemudahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus, sumber data yang diperoleh yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konstruksi sekolah ramah anak di lembaga tersebut mencakup dari beberapa aspek yaitu; kebijakan, kurikulum dan pelaksanaan pembelajaran, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, serta keterlibatan anak dan warga di luar sekolah. Aspek ini secara konsisten dilakukan oleh lembaga tersebut sebagai upaya menjamin hak-hak anak untuk memperoleh kualitas pendidikan yang baik dengan berdasarkan pada prinsip-prinsip kemanusiaan. Kata kunci: Konstruksi, Pendidikan, Ramah Anak

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

Halim, Abdul, Mohamad Thoyyib Madani, and Zainuddin Zainuddin. “KONSTRUKSI PENDIDIKAN RAMAH ANAK: (Kajian Humanisasi Pendidikan Di MI Miftahul Ulum Sumur Tengah, Palengaan Laok, Pamekasan )”. KABILAH : Journal of Social Community 7, no. 1 (December 11, 2022): 245–257. Accessed April 19, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/5795.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.