DEVELOPMENT OF MUSEUM WEBSITES TO ENHANCE HISTORICAL THINKING SKILLS IN HISTORY LEARNING

Authors

  • Bunari Bunari Universitas Riau
  • Asyrul Fikri Universitas Riau

Abstract

Abstrak: Keterampilan berpikir historis menjadi keterampilan penting yang harus dikembangkan dalam pembelajaran sejarah. Melalui keterampilan berpikir historis, siswa didorong untuk melakukan penyelidikan historis melalui kegiatan mencari, menemukan, menganalisis, merekonstruksi, dan menggeneralisasi suatu peristiwa masa lalu. Ketersediaan sumber-sumber sejarah yang dapat digunakan sebagai infromasi dalam rekonstruksi masa lalu, sangat terkait dengan kegiatan investigasi sejarah. Namun, salah satu masalah utama yang dihadapi siswa ketika belajar sejarah adalah kelangkaan bahan sejarah. Untuk meningkatkan kegiatan penelitian sejarah dan menumbuhkan pengembangan kemampuan berpikir sejarah, kita harus mengambil langkah-langkah strategis untuk mengatasi keterbatasan sumber sejarah salah satunya melalui pengembangan website museum . Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan website museum sejarah sebagai salah satu pusat sumber sejarah yang dapat diakses dengan mudah oleh siswa guna meningkatkan keterampilan berpikir historis siswa. Metode penelitian pengembangan (R&D) digunakan untuk dalam penelitian ini. Sampel penelitian adalah 180 Siswa Sekolah Menengah Atas yang diambil dari 564 siswa SMA di Kota Pekanbaru melalui teknik purposive sampling. Tahap-tahap penelitian dibagi menjadi tahap analisis permasalahan dan pengembangan website, tahap penyusunan desaian website, dan tahap uji validaasi ahli, uji coba produk, uji validtas, dan reliabilitas, tahap uji efektivitas produk dalam meningkatkan keterampilan berpikir historis. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi ahli, lembar uji coba produk, dan tes keterampilan berpikir historis. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, penyebaran angket validasi ahli dan angket uji coba produk, serta tes keterampilan berpikir historis. Data hasil penelitian dianalisis dengan pendekatan kuantitatif melalui uji statistic uji t untuk melihat pengaruh yang diberikan oleh website museum terhadap keterampilan berpikir historis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Website Museum yang dikembangkan valid dan reliabel digunakan utuk meningkatkan keterampilan berpikir historis siswa dalam pembelajaran sejarah. Hasil uji t menunjukkan bahwa Website Museum memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir historis siswa yang dikonfirmasi oleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (lebih kecil dari 0,05).   Kata Kunci: Website, Museum Sejarah, Keterampilan Berfikir Historis, Pembelajran Sejarah

Downloads

Published

2021-12-27

How to Cite

Bunari, Bunari, and Asyrul Fikri. “DEVELOPMENT OF MUSEUM WEBSITES TO ENHANCE HISTORICAL THINKING SKILLS IN HISTORY LEARNING”. KABILAH : Journal of Social Community 6, no. 2 (December 27, 2021): 253–260. Accessed February 26, 2024. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/6018.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.