MATTAMPUNG: STUDI TENTANG PRO DAN KONTRA MASYARAKAT TERHADAP RITUAL KEMATIAN DI KECAMATAN SOPPENG RIAJA KABUPATEN BARRU

Authors

  • nasruddin nasruddin IAIN Parepare

DOI:

https://doi.org/10.35127/kbl.v7i2.6123

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pandangan Ritual Kematian yang disebut Mattampung bagi masyarakat bugis Barru. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasi peneltian ini mengungkapkan bahwa  masyarakat di Kecamatan Soppeng Riaja memiliki cara pandang yang beragam dalam melihat ritual Mattampung ini, ada yang pro dan ada pula yang kontra. Masing-masing mereka memiliki acuan dan alasan yang dapat dipertanggungjawabkan dari sisi keilmuannya. Bagi masyarakat yang pro atau yang mendukung ritual ini mengatakan bahwa ritual Mattampung boleh-boleh saja dilakukan karena sudah menjadi kesepakatan didalamnya mengandung nilai-nilai kebaikan yang berkaitan erat dengan perintah agama dalam hal ini adalah agama Islam. Bagi masyarakat yang menganggap kontra, Karena ritual Mattampung dianggap oleh sebagian masyarakat menyimpang dari ajaran Islam dan tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah. Sesuatu hal yang tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullah maka hukumnya haram, bid’ah, khurafat dan sesat.

Downloads

Published

2022-12-26

How to Cite

nasruddin, nasruddin. “MATTAMPUNG: STUDI TENTANG PRO DAN KONTRA MASYARAKAT TERHADAP RITUAL KEMATIAN DI KECAMATAN SOPPENG RIAJA KABUPATEN BARRU”. KABILAH : Journal of Social Community 7, no. 2 (December 26, 2022): 405–418. Accessed April 19, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/6123.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.