PEMBELAJARAN LITERASI NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI No 15 SEGEDONG MELALUI KEGIATAN KAMPUS MENGAJAR 2

Authors

  • Neva Satyahadewi Universitas Tanjungpura, Pontianak
  • Riza Linda Universitas Tanjungpura
  • Amriani Amir Universitas Tanjungpura
  • Asri Mulya Ashari Universitas Tanjungpura
  • Rita Kurnia Apindiati Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.35127/kbl.v7i2.6244

Abstract

Abstrak: Kemampuan literasi dan numerasi merupakan kompetensi dasar manusia dalam menghadapi dan memahami rutinitas kehidupan sehari-hari melalui aktivitas membaca, melihat, berhitung sederhana ,bercakap dan menyimak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang kemampuan literasi dan numerasi siswa kelas 5 di SDN No 15 Segedong Pontianak melalui kegiatan Kampus Mengajar 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, di mana pengumpulan data primer berdasarkan observasi langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data faktual berdasarkan wawancara dengan pihak sekolah disertai dokumentasi, dan ditunjang dengan data sekunder dari penelusuran referensi ilmiah yang relevan dengan topik yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada awal kegiatan terdapat beberapa peserta didik yang mengalami stagnansi dalam pembelajaran literasi numerasi, kemungkinan disebabkan oleh pembelajaran daring di rumah selama pandemic Covid 19, tetapi pada akhir kegiatan menunjukkan seluruh peserta didik yang berjumlah 19 peserta didik telah tuntas memiliki kemampuan literasi numerasi diindikasikan dengan kemampuan mengerjakan soal-soal tematik melalui kemampuan membaca, berhitung, menulis, menyimak  dan dan menyelesaikan asessmen kompetensi minimum untuk persiapan mengikuti asesmen nasional berbasis komputer di kelas 6 nanti.   Kata Kunci: Literasi; Numerasi; Kampus Mengajar; SDN No 15 Segedong; Asesmen

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

Satyahadewi, Neva, Riza Linda, Amriani Amir, Asri Mulya Ashari, and Rita Kurnia Apindiati. “PEMBELAJARAN LITERASI NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI No 15 SEGEDONG MELALUI KEGIATAN KAMPUS MENGAJAR 2”. KABILAH : Journal of Social Community 7, no. 2 (December 12, 2022): 51–58. Accessed April 20, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/6244.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.