IMPLEMENTASI BACK TO NATURE MELALUI SOSIALISASI PEMBUATAN TANAMAN OBAT KELUARGA PADA LAHAN PEKARANGAN RUMAH

Authors

  • Agus Yuliono Universitas Tanjungpura, Pontianak
  • Apriansyah Apriansyah Universitas Tanjungpura, Pontianak
  • Bambang Kurniadi Universitas Tanjungpura, Pontianak
  • Lucky Hartanti Universitas Tanjungpura, Pontianak
  • Eva Tavita Universitas Tanjungpura, Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.35127/kbl.v7i2.6245

Abstract

Abstrak: Banyaknya ditemukan kasus efek samping dari penggunaan obat-obatan berbahan kimia telah mengakibatkan terjadinya kekhawatiran dan meningkatnya kewaspadaan masyarakat, yang secara langsung menurunkan minat beli dan konsumsi bagi masyarakat. Semboyan Back to Nature telah melahirkan banyak gagasan kreatif dan aksi langsung di masyarakat, salah satunya adalah dengan mengimplementasikan Back to Nature melalui sosialisasi penanaman tanaman obat keluarga (TOGA) dengan memanfaatkan lahan halaman rumah yang kosong. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengedukasi masyarakat Desa Mekar Baru melalui sosialisasi dan aksi langsung di lokasai dalam memanfaatkan halaman rumah atau ruang kosong di teras rumah sebagai taman obat keluarga, dengan jenis tumbuhan obat  yang bervariasi dan dapat dibudidayakan dengan cara sederhana, seperti kunyit, sirih, sereh, jahe putih dan jahe merah, kencur, kumis kucing dan beberapa jenis tanaman lain yang dapat digunakan segera saat dibutuhkan. Kegiatan penelitian ini bersifat pemberdayaan masyarakat, dengan pendekatan kualitatif deskriptif terkait dengan kemampuan masyarakat desa Mekar Baru dalam menerapkan materi sosialisasi yang disampaikan oleh tim pelaksana kegiatan. Monitoring dan evaluasi selama berlangsungnya kegiatan ini menunjukkan sikap yang positif dari semua peserta pelatihan, ditunjukkan dengan adanya beberapa tanaman obat dalam pot yang dibuat oleh warga sekitar, serta saling memotivasi dan membantu dalam implementasi kegiatan tersebut. Kata kunci: Back to Nature; Mekar Baru; TOGA; Pemberdayaan

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

Yuliono, Agus, Apriansyah Apriansyah, Bambang Kurniadi, Lucky Hartanti, and Eva Tavita. “IMPLEMENTASI BACK TO NATURE MELALUI SOSIALISASI PEMBUATAN TANAMAN OBAT KELUARGA PADA LAHAN PEKARANGAN RUMAH”. KABILAH : Journal of Social Community 7, no. 2 (December 12, 2022): 59–64. Accessed April 25, 2024. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/6245.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.