PERAN GURU PAI DALAM MENERAPKAN BUDAYA RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK DI SMA BOSOWA BINA INSANI KOTA BOGOR

Authors

  • Ari Haryadi Sulaeman Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.35127/kbl.v7i2.6262

Abstract

Abstrak: Budaya religius merupakan wujud pendidikan dalam membentuk karakter peserta didik yang religius. Namun, budaya religius sulit terealisasikan pada peserta didik jika tidak diterapkan dan ditranmisikan. Maka, untuk merealisasikan budaya religius diperlukan peran dari warga sekolah khususnya guru pendidikan agama Islam (PAI). Guru PAI tentu lebih dominan dalam merealisasikan budaya religius khususnya diterapkan pada peserta didik sehinnga dapat membentuk karakter peserta didik yang religius. Tujuan dalam penelitian ini, untuk mengetahui bagaimana tingkat budaya religius pada peserta didik di SMA Bosowa Bina Insani Kota Bogor dan bagaimana peran guru PAI dalam menerapkan budaya religius pada peserta didik di SMA Bosowa Bina Insani Kota Bogor. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi, dan teknik dalam menganalisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini; 1) Tingkat budaya religius di SMA Bosowa Bina Insani Kota Bogor tersebut mencakup; a) aspek spiritual, b) aspek sosial, c) aspek lingkungan, d) aspek pendidikan. Tingkat budaya religius di sekolah tersebut dinilai cukup baik dalam membentuk karakter peserta didik yang religius. 2) Peran yang dilakukan guru PAI SMA Bosowa Bina Insani Kota Bogor dalam menerapkan budaya religius pada peserta didik adalah sebagai pendidik, transmitor, motivator, tauladan, pemimpin, administrator, fasilitator, dan evaluator. Peran-peran tersebut dapat dinilai cukup baik dalam menerapkan budaya religius pada peserta didik.   Kata Kunci: Budaya Religius dan Guru PAI

Downloads

Published

2022-12-20

How to Cite

Sulaeman, Ari Haryadi. “PERAN GURU PAI DALAM MENERAPKAN BUDAYA RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK DI SMA BOSOWA BINA INSANI KOTA BOGOR”. KABILAH : Journal of Social Community 7, no. 2 (December 20, 2022): 113–129. Accessed April 25, 2024. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/6262.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.