BUDAYA ORGANISASI DALAM MENUNJANG PRODUKTIVITAS KELOMPOK TANI DI DESA BUKEK KECAMATAN TLANAKAN KABUPATEN PAMEKASAN

Authors

  • Ahmad Yudi Heryadi Univeritas Madura, Pamekasan
  • Zulfaini Shamad Univeritas Madura, Pamekasan
  • Rani Nur Fitrianti Univeritas Madura, Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.35127/kbl.v7i2.6268

Abstract

Abstrak: Kelompok tani merupakan organisasi yang memiliki fungsi sebagai wadah konsultasi petani. Selain itu, organisasi ini juga berperan dalam percepatan kegiatan program pembangunan pertanian. Dalam menjalankan kegiatannya, produktivitas kelompok tani sangat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang dapat meningkatkan produktivitas anggota kelompok tani antara lain umur, status usahatani, pengalaman usaha, peningkatan kegiatan penyuluhan, luas lahan dan yang tidak kalah pentingnya adalah budaya organisasi. Budaya organisasi merupakan persepsi umum yang dimiliki oleh seluruh anggota kelompok tani, sehingga setiap anggota kelompok tani akan memiliki nilai, keyakinan dan perilaku yang sesuai dengan organisasi. Dengan budaya organisasi yang tertanam diharapkan produktivitas kelompok tani dapat meningkat yang pada gilirannya akan meningkatkan produktivitas hasil pertanian mereka. Produktivitas secara umum didefinisikan sebagai hubungan antara output (barang atau jasa) dan input (tenaga kerja, bahan, uang). Produktivitas adalah ukuran efisiensi produktif. Produktivitas adalah sikap mental dan cara pandang manusia untuk menjadikan hari esok lebih baik dari hari ini dan menjadikan hari ini lebih baik dari kemarin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan produktivitas petani dalam menghasilkan hasil usahataninya. Budaya organisasi juga memiliki hubungan yang sangat signifikan dengan produktivitas petani.   Kata Kunci : Budaya Organisasi, Produktivitas, Kelompok Tani

Downloads

Published

2022-12-22

How to Cite

Heryadi, Ahmad Yudi, Zulfaini Shamad, and Rani Nur Fitrianti. “BUDAYA ORGANISASI DALAM MENUNJANG PRODUKTIVITAS KELOMPOK TANI DI DESA BUKEK KECAMATAN TLANAKAN KABUPATEN PAMEKASAN”. KABILAH : Journal of Social Community 7, no. 2 (December 22, 2022): 156–163. Accessed April 24, 2024. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/6268.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.