USAHA EKONOMI KREATIF DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Studi pada Pengusaha Krepik Bule Desa Pademawu Timur Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan

Authors

  • Marsum Marsum Universitas Madura
  • Syaiful Syaiful Univeritas Madura, Pamekasan
  • Acmarul Fajar Univeritas Madura, Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.35127/kbl.v7i2.6276

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya Pengusaha Krepik Bule Desa Pademawu Timur. Akan tetapi Krepik Bule yang masyarakat jual ada dua macam dalam bentuk mentahan  dan siap saji. Sedangkan para tengkulak yang membeli Krepik Bule lebih banyak yang siap saji. Permasalah yang ada dalam penelitian ini adalah bagaimana usaha ekonomi kreatif Krepik Bule? Serta bagaimana tinjauan Ekonomi Islam tentang usaha ekonomi kreatif dalam meningkatkan ekonomi masyarakat? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penenlitian lapangan (field research). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana pemahaman masyarakat tentang ekonomi kreatif yang mayoritas berprofesi sebagai Krepek Bule. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan alat pengumpul data sebagai berikut: interview mendalam, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa melalui kegiatan usaha ekonomi kreatif yang dijalankan oleh masyarakat Desa Pademawu Timur dapat meningkatkan pendapatan mereka. Selain itu program pelatihan yang diberikan aparatur desa dapat menambah pengalaman bagi para pengusaha Krepek Bule. Hal ini terlihat dari 10 orang yang mengikuti program pelatihan dan ada 6 orang yang mengimplementasikan kegiatan pengolahan Krepek Bule. Sedangkan dalam tinjauan Ekonomi Islam kegiatan pelatihan tersebut merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas SDM dan dalam kegiatan ekonomi kreatifnya sudah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam yakni adanya sikap jujur dan amanah tidak merusak lingkungan dan memberikan upah untuk pekerjanya sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.   Kata Kunci: Ekonomi Kreatif, Ekonomi Masyarakat dan Ekonomi Islam         Abstract: The background of this research is the large number of Bule Krepik Entrepreneurs in East Pademawu Village. However, there are two kinds of Caucasian Krepik that people sell, raw and ready-to-eat. While the middlemen who buy Krepik Caucasians are mostly ready to serve. The problem in this research is how is Krepik Bule's creative economy business? As well as what is the review of Islamic Economics about creative economic efforts in improving the community's economy? The type of research used in this research is field research. The purpose of this study was to find out how far the community's understanding of the creative economy is, the majority of whom work as Krepek Caucasians. The method used in this research is qualitative, with the following data collection tools: in-depth interviews, observation and documentation. From the research results it is known that through creative economic business activities carried out by the people of East Pademawu Village they can increase their income. In addition, the training program provided by village officials can add experience to Krepek Caucasian entrepreneurs. This can be seen from the 10 people who took part in the training program and there were 6 people who implemented the Caucasian Krepek processing activities. Meanwhile, in an Islamic economic review, this training activity is one of the efforts that can be made to improve the quality of human resources and in creative economic activities it is in accordance with the principles of Islamic economics, namely the existence of an honest and trustworthy attitude that does not damage the environment and provides wages for workers so that they can help improve the community's economy.   Keywords: Creative Economy, Community Economics and Islamic Economy

Downloads

Published

2022-12-20

How to Cite

Marsum, Marsum, Syaiful Syaiful, and Acmarul Fajar. “USAHA EKONOMI KREATIF DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM: Studi Pada Pengusaha Krepik Bule Desa Pademawu Timur Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan”. KABILAH : Journal of Social Community 7, no. 2 (December 20, 2022): 185–195. Accessed March 28, 2024. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/6276.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.