DAMPAK PENGGUNA GADGET PADA PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK – ANAK DIUMUR 5 SAMPAI 12 TAHUN DI JALAN TAUD GANG TUKANG MEDAN

Authors

  • Fika Suci Ramadhani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Alfikri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.35127/kbl.v7i2.6512

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak penggunaan gadget pada perkembangan sosial anak-anak di Jalan Taud Gang Tukang Medan. Sebagai landasan teori dalam menganalisis persoalan pada penelitian kualitatif ini, digunakan teori-teori tentang dampak sosial, teknologi gadget atau smartphone, dan perkembangan sosial anak, sehingga peneliti dituntut untuk memperoleh data dan informasi dengan melakukan wawancara dan observasi secara mendalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Informan pada penelitian yaitu orang tua dri anak-anak yang tinggal di Jalan Taud Gang Tukang Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti ialah melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan menggunakan pendekatan studi fenomenologi, yaitu peneliti berusaha untuk mencari makna fenomena dampak penggunaan gadget pada perkembangan sosial anak-anak di Jalan Taud Gang Tukang Medan. Analisis data yag digunakan peneliti adalah analisis deskriptif, yaitu meringkas seluruh data yang telah dikumpulkan dari hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak yang menghabiskan lebih dari dua jam sehari untuk berinteraksi dengan perangkat elektronik akan mendapat manfaat dari perkembangan keterampilan motorik. Namun, perkembangan emosi anak, khususnya aspek pertumbuhan emosi dan perkembangan moral, terkena dampak negatif dari gadget. Anak-anak akan lebih cenderung menggunakan perasaan mereka seperti berbicara sendiri di perangkat elektronik.   Kata Kunci: Dampak Sosial, Smartphone, Perkembangan Sosial

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Ramadhani, Fika Suci, and Muhammad Alfikri. “DAMPAK PENGGUNA GADGET PADA PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK – ANAK DIUMUR 5 SAMPAI 12 TAHUN DI JALAN TAUD GANG TUKANG MEDAN”. KABILAH : Journal of Social Community 7, no. 2 (December 29, 2022): 562–570. Accessed May 4, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/6512.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.