PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 8 MEDAN

Authors

  • Shopia Anwar Siringo ringo Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Alfikri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.35127/kbl.v7i2.6513

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media sosial instagram pada pembalajaran daring di SMA N 8 Medan. Sebagai landasan teori dalam menganalisis persoalan pada penelitian kualitatif ini, digunakan teori-teori tentang media sosial dan pembelajaran daring, sehingga peneliti dituntut untuk memperoleh data dan informasi dengan melakukan wawancara dan observasi secara mendalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Informan pada penelitian yaitu yaitu Ibu Rosmaida Asianna Purba yang menjabat sebagai kepala sekolah SMA N 8 Medan dan Ibu Nova yang bekerja sebagai guru di SMA N 8 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti ialah melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan menggunakan pendekatan studi fenomenologi, yaitu peneliti berusaha untuk mencari makna fenomena pengaruh pengunaan media sosial instagram pada pembelajaran daring di SMA N 8 Medan. Analisis data yag digunakan peneliti adalah analisis deskriptif, yaitu meringkas seluruh data yang telah dikumpulkan dari hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Media social Instagram cukup dibilang efektif karena memberikan ruang bagi penggunanya dan dapat diakses kapan saja tanpa dibatasi oleh waktu. Dalam keadaan ini, hasil pembelajaran praktis dapat ditingkatkan.   Kata Kunci: Pengaruh, Media Sosial, Pembelajaran Daring.

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

ringo, Shopia Anwar Siringo, and Muhammad Alfikri. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 8 MEDAN”. KABILAH : Journal of Social Community 7, no. 2 (December 29, 2022): 572–579. Accessed May 4, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/6513.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.