ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN PADA PERUMDA CABANG MEDAN DENAI

Authors

  • Agung Syaputra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurwani Nurwani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Yenni Samri Juliati Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan akuntansi pertanggungjawaban pada PDAM Medan Denai. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan dua sumber data yang digunakan, yaitu data primer dengan wawancara dan observasi dan data skunder dengan dokumentasi. Analisa data yang dilakukan adalah dengan dikumpulkan disusun, diinterpretasikan, dan dianalisa sehingga memberikan memberikan pemecahan permasalahan yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukan bahwa PDAM Medan Denai cukup baik dalam mengelolah keungan dengan tidak tercapainya target yang telah ditentukan oleh perusahaan. Akuntansi pertanggungjawban dalam menilai kinerja manajer pusat laba pada PDAM Medan Denai masih belum dilaksanakan dengan maksimal dilihat dari anggaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan realisasinya masih terjadi selisih yang cukup besar dari tahun 2020. Namun pada tahun 2021 dan 2022 sudah mengalami perbaikan dimana anggaran lebih kecil dibandingkan realisasi. Meskipun syarat-syarat akuntansi pertanggungjawaban seperti struktur organisasi dan pendelegasian wewenang telah disusun dengan baik, dan laporan pertanggungjawaban kepada manajer yang bertanggungjawab telah dibuat dalam bentuk anggaran dan realisasinya untuk masing-masing kegiatan. Akuntansi pertanggungjawaban sudah diterapkan pada PDAM Medan Denai dengan cukup baik didasarkan pada temuan sebagai berikut; Adanya struktur organisasi yang tegas; Adanya penyusunan anggaran; Adanya penggologan biaya meskipun belum detail dan lengkap; Adanya klasifikasi kode dan rekening; dan Adanya laporan pertanggungjawaban.   Kata Kunci: Akuntansi Pertanggungjawban, Kinerja Majaner Pusat Laba

Downloads

Published

2023-09-18

How to Cite

Syaputra, Agung, Nurwani Nurwani, and Yenni Samri Juliati Nasution. “ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN PADA PERUMDA CABANG MEDAN DENAI”. KABILAH : Journal of Social Community 8, no. 1 (September 18, 2023): 1104–1115. Accessed April 27, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/7148.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.