Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN

 

  1. Artikel merupakan konseptual atau hsail penelitian tentang pendidikan dan keislaman yang belum pernah diterbitkan dalam media cetak lain.
  2. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia ragam tulis baku serta diserahkan dalam bentuk ketikan dengan spasi 1,5 pada kerta HVS ukuran A4 dan dalam bentuk file dengan program Microsoft Word. Abstrak dan kata kunci ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia atau inggris (100-150 kata). Panjang tulisan adalah 15-20 halaman.
  3. Artikel hasil penelitian memuat: (a)     Judul, (b) nama dan identitas peneliti (sponsor penelitian), (c) abstrak (75-125 kata), (d) kata kunci, (e) pendahuluan (masalah, tujuan, dan manfaat penelitian), (f) metode penelitian, (g) hasil penelitian, (h) pembahasan, (i) kesimpulan (j) Daftar Pustaka.
  4. Artkel konseptual memuat :(a)     Judul,  (b) nama dan identitas peneliti (sponsor penelitian), (c) abstrak (75-125 kata), (d) kata kunci, (e) pendahuluan (masalah dan tujuan), (f) isi atau pembahasan (terbagi atas sub-sub judul), (g) penutup, (h) catatan akhir.
  5. Artikel yang memenuhi syarat penulisan akan diseleksi dan diedit oleh para penyunting untuk penyeragaman format dan gaya penulisan tanpa mengubah isinya.
  6. Artikel ditulis dengan bentuk esai. Peringkat judul mengikuti contoh berikut:

PERINGKAT 1, HURUF BESAR SEMUA, TEBAL, RATA KANAN KIRI

Peringkat 2, Huruf  Besar Kecil, Tebal, Rata Kanan kiri

Peringakat 3, Huruf Besar Kecil, Tebal Miring, Rata Kanan Kiri

 

  1. Rujukan ditulis dalam bentuk catatan kaki (footnotes).

 

  1. Penulisan footnotes mengkuti contoh sebagai berikut:

Buku

-          Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004), 145.

-          Ibid., h. 34.

-          Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, h. 204.

Disertasi, Tesis dan Skripsi

-          Muhammad Rohmat, “Pembaruan Kurikulum Pesantren: Studi Pemikiran Abdurrahman Wahid dan Nurcholis Madjid”, Tesis--UIN Sunan Ampel, (Surabaya, Pascasarjana, 2011), h. 45.

Jurnal

-          Sahnawi, “Perubahan dalam Dunia Pondok Pesantren”, Kariman (Jurnal pendidikan dan Keislaman), Volume, 02, Nomor, 02, Tahun 2014, 17-20.

 

  1. Transliterasi yang digunakan adalah model transliterasi internasional.

 

  1. Naskah diketik dengan memperhatikan aturan tentang penggunaan tanda baca dan ejaan yang dimuat dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (Depdikbud, 1987).