PENDIDIKAN ISLAM BERPARADIGMA RAHMATAN LIL’ALAMIN

Authors

  • Rahbini Rahbini Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiya Al Karimiyyah

Keywords:

pendidikan, rahmatan lil'alamain, paradigma

Abstract

Setelah dilakukan selama kurang lebih tiga tahun, proses penyebaran Islam dilakukan dengan cara terang-terangan dan meninggalkan cara sembunyi-sembunyi yang dilakukan sebelumnya. Cara terang-terangan ini pada awalnya ditujukan kepada kerabat, penduduk Mekkah yang beraneka ragam golongan, suku, ras dan agama masyarakatnya, kemudian para suku arab yang datang ke Mekkah untuk menunaikan ibadah haji. Proses ini terus berkembang sejalan dengan upaya untuk mengajarkan Islamsebagai sebuah agama paripurna yang shalihun likulli zaman wal makan yang tidak lekang oleh waktu dan tidak lapuk oleh panas.

References

A Malik Fajar, Reorientasi Pendidikan Islam, Jakarta: Fajar Dunia,1999.
Abi Ja’far Muhammad bin Jarir al-Thabari, Jami al-Bayan fi Ta’wil al-Qur’an, Vol. IX, Bairut; Dar Al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1999.
Jalaluddin, Teologi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005.
M.Quraish shihab, Tafsir Al-Mishbah, Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an, Vol 8, Cet. VIII, Jakarta: Lentera Hati, 2007.
Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum Hingga Strategi Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,2009.
Muhammad al-Amin bin Muhammad al-Mukhtar al-Jakni al-Syanqithi, Adlwa al-Bayan fi Idlahi al-Qur’an bi al-Qur’an, Vol. IV, Kairo: Dar al-Hadits, 2005.
M. Dawam Raharjo, Esiklopedi Al-Qur’an Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-konsep Kunci, Jakarta: Paramadina, 2002.
Muhammad Thalhah Hasan, Islam Dan Masalah Sumber Daya Manusia, Jakarta: Lantabora Press, 2003.
Said Aqil Husin Al-Munawwar, Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’ani Dalam Sistem Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2003.
Sahabuddin dkk (Editor), Ensiklopedi Al-Qur’an, Kajian Kosa Kata, Jakarta: Lentera Hati, 2007.
Tedi Priatna, Reaktualisasi Paradigma Pendidikan Islam, Ikhtiar Mewujudkan Pendidikan Bernilai Ilahiyah dan Insaniah di Indonesia, Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2004.
Thomas S.Kuhn, The Structure of Scientific Revolution (Chicago: University of Chicago, 1970.

Downloads

Published

2015-11-18

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.