MISMATCH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA NEGERI SE KABUPATEN SUMENEP (Analisis Kompetensi Pedagogik)

Authors

  • Miftahol Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiya Al Karimiyyah

Keywords:

Mismatch, Pendidikan Agama Islam (PAI), kompetensi, pedagogik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki; (1) bagaimana kompetensi pedagogik guru mismatch PAI di SMAN Kabupaten Sumenep? (2) Seberapa problem guru mismatch PAI di SMAN Kabupaten Sumenep dan bagaimana dampaknya terhadap kompetensi padagogik mereka? (3) Sejauhmana efektivitas dan upaya mereka dalam mengatasi problem tersebut? Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang dipakai ialah: (a) observasi, (b) interview, dan (c) dokumentasi. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan metode descriptif analitis dengan pendekatan fenomenologis. Hasil analisis data menggambarkan bahwa; (1) Kompetensi pedagogik yang dimiliki sebagian besar guru mismatch PAI SMAN se Kabupaten Sumenep masih belum baik. Hal ini terjadi karena ada beberapa kriteria kompetensi pedagogik yang belaum dimiliki antara lain pada kriteria pengembangan silabus dan RPP guru mismatch masih belum bisa membuat secara mandiri, dan belum membiasakan menggunakan pendekatan strategi pembelajaran dengan baik, akibatnya dalam pelaksanaan pembelajaran silabus dan RPP sulit diaplikasikan, sehingga pelaksanaan pembelajaran belum berjalan efektif. (2) Problem guru mismatch PAI terdiri dari Lemahnya manajemen guru, terbatasnya media pembelajaran, fasilitas teknologi pembelajaran, sarana, sumber daya manusia (SDM), dan rendahnya dukungan orang tua siswa. (3) Guru mismatch bersama guru yang lain selalu melakukan upaya dalam rangka mengatasi problem mismatch dengan berbagai cara dan upaya termasuk meminta pembinaan kepala sekolah dan pengawas sekolah.

References

Mulyasa, E., Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Rosdakarya.2008a, hlm. 75.
Basrowi dan Sukidin, Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro, Surabaya: Insan Cendikia 2002, hlm. 2.
Suparyogo, Imam dan Tobroni, 2001, Metodologi Penelitian Sosial Agama, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001, hlm. 8.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Contoh Proposal dan Laporan Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2005, hlm. 62
Ibid.
Sukardi, H. M., Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: Bumi Aksara, 2008a, hlm. 212 dan Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2008, hln. 203
Bungin, Burhan, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana, 2006, hlm. 126 dan Nazir, Mohammad, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, Nazir, 1999, hlm. 234
Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2002, hlm. 206.
Nasution, Metode Research, Penelitian Ilmiah, Thesis, Bandung: Jammars, 1991, hlm. 217
Rasyid, Harun, Metode Penelitian Kualitatif Bidang Ilmu Sosial dan Agama, Pontianak: STAIN Pontianak, 2000, hlm. 123 dan Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta 2007, hlm. 246.
Bell, Margaret, et al., Metode Belajar dan Membelajarkan, Jakarta: Universitas Terbuka bekerja sama dengan Rajawali Press, 1991, hlm. 134
Sukardi, op. cit., hlm. 157

Downloads

Published

2015-11-22

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.