PERUBAHAN DALAM DUNIA PONDOK PESANTREN

Authors

  • Sahnawi Sahnawi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiya Al Karimiyyah

Keywords:

Perubahan, Pondok Pesantren.

Abstract

Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang telah banyak memberikan sumbangan bagi lahirnya generasi pembangunan dalam segala bidang. Hal itu dapat dibuktikan dengan peran dan kiprah para alumninya ditengah-tengah kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat. Persoalan-persoalan kemasyarakan, keagamaan dan kebangsaan tidak hanya direspon dengan konsep, melainkan juga telah mampu dicarikan solusi alternative terbaik sebagai landasan operasionalnya. Tak heran jika alumni Pondok Pesantren dapat hidup di berbagai aspek kehidupan sesuai dengan tuntutan kebutuhan zaman. Keahlian, keterampilan dan kelihaian ini dicapai melalui proses belajar mandiri selama berada di Pondok Pesantren. Dengan hanya berbekal patuh dan tawadlu’ kepada Kyai, dikerjakannya seluruh tugas yang dibebankan walaupun berada diluar nalar dan keahliannya. Sudah pasti hal-hal seperti terurai di atas itu hanya akan berjalan dilingkungan pondok pesantren dengan system manajemen baik pula. Akan tetapi perkembangan zaman telah menggeser peran dan fungsinya kea rah yang lebih ‘pragmatis’ dengan ‘idealisme sempit’.

References

Steenbrink, Kareel A. 1986. Pesantren, Madrasah, Sekolah (Pendidikan Islam dalam kurun Modern). Jakarta: LP3ES.
Dhofier, Zamakhsyari. 2011. Tradisi Pesantren (Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia). Jakarta: LP3ES.
Dhofier, Zamakhsyari. 2009. Tradisi Pesantren ( Memadu Modernitas untuk Kemajuan Bangsa). Yogyakarta: Nawesea Press.
Qamar, Mujamil. 1996. Peran Sosial Pondok Pesantren. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Downloads

Published

2015-11-22

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.