PENDIDIKAN HUMANIS DALAM PERSPEKTIF PAULO FREIRE DAN TAN MALAKA
Keywords:
Pendidikan Humanis, Paulo Freire, Tan MalakaAbstract
Pendidikan humanis memandang manusia sebagai makhluk mulia yang harus dikembangkan sesuai dengan koderatnya. Prinsip pendidikan harus diselenggarakan dalam rangka membebaskan manusia dari berbagai persoalan hidupnya. Sementara itu, pendidikan yang diselenggarakan oleh penjajah di Brazil dan Indonesia semasa hidup Paulo Freire dan Tan Malaka dirasa masih jauh dari ruh pendidikan yang semestinya. Pendidikan dijadikan sebagai alat penindasan yang pada akhirnya hanya mampu melahirkan penindas-penindas baru. Aksi pembungkaman (culture of silence) masif diterapkan penjajah untuk melanggengkan kekuasaannya. Kondisi itulah yang ditentang oleh Paulo Freire dan Tan Malaka dengan memunculkan konsep pendidikan yang menempatkan manusia sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan pendidikan. Paulo Freire dan Tan Malaka memiliki kesamaan pandangan terkait orientasi pendidikan humanis, yaitu: penghormatan terhadap harkat dan martabat manusia, keadilan sosial dan penerapan pendidikan harus berbasis realitas.References
Abidin, Zainal. 2006. Filsafat Manusia, Memahami Manusia Melalui Filsafat. Bandung: PT.Rosdakarya.
Dhakiri, Muh. Hanif. 2000. Paulo Freire, Islam & Pembebasan. Ttp: Djambatan Pena.
Freire, Paulo. 1995. Menggugat Pendidikan Fundamentalis Konservatif Liberal Anarkis. Terj. Omi Intan Naomi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Freire, Paulo. 2002. Politik Pendidikan, Kebudayaan, Kekuasaan dan Pembebasan, Terj. Agung Prihantoro dan Agung Arif Fudiyartanto. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Freire, Paulo. 2008. Pendidikan Kaum Tertindas. Terj: Tim Redaksi. Jakarta: LP3ES.
Freire, Paulo. 2008. Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: Pustaka LP3ES.
Fridiyanto. Pemikiran dan Aksi Pendidikan Tan Malaka: Pendidikan Berkarakter Keindonesiaan. Diakses dari http://www.academia.edu pada 10/06/2015.
Malaka, Tan. 1987. SI Semarang dan Onderwijs. Semarang: Yayasan Massa.
Malaka, Tan. 2007. Dari Penjara ke Penjara I. Jakarta: LPPM Tan Malaka.
Malaka, Tan. 2008. Aksi Massa. Yogyakarta: Narasi.
Mangunwijaya, Y.B. 2001. Mencari Visi Dasar Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Murtiningsih, Siti. 2004. Pendidikan Alat Perlawanan; Teori Pendidikan Radikal Paulo Freire. Yogyakarta: Resist Book.
Santoso, Listiyono. 2005. Pengantar Pendidikan Berbasis Realitas Sosial. Yogyakarta: Logung Pustaka.
Sugiarto, Bambang. 2008. Humanisme dan Humaniora. Yogyakarta: Jalasutra.
Dhakiri, Muh. Hanif. 2000. Paulo Freire, Islam & Pembebasan. Ttp: Djambatan Pena.
Freire, Paulo. 1995. Menggugat Pendidikan Fundamentalis Konservatif Liberal Anarkis. Terj. Omi Intan Naomi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Freire, Paulo. 2002. Politik Pendidikan, Kebudayaan, Kekuasaan dan Pembebasan, Terj. Agung Prihantoro dan Agung Arif Fudiyartanto. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Freire, Paulo. 2008. Pendidikan Kaum Tertindas. Terj: Tim Redaksi. Jakarta: LP3ES.
Freire, Paulo. 2008. Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: Pustaka LP3ES.
Fridiyanto. Pemikiran dan Aksi Pendidikan Tan Malaka: Pendidikan Berkarakter Keindonesiaan. Diakses dari http://www.academia.edu pada 10/06/2015.
Malaka, Tan. 1987. SI Semarang dan Onderwijs. Semarang: Yayasan Massa.
Malaka, Tan. 2007. Dari Penjara ke Penjara I. Jakarta: LPPM Tan Malaka.
Malaka, Tan. 2008. Aksi Massa. Yogyakarta: Narasi.
Mangunwijaya, Y.B. 2001. Mencari Visi Dasar Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Murtiningsih, Siti. 2004. Pendidikan Alat Perlawanan; Teori Pendidikan Radikal Paulo Freire. Yogyakarta: Resist Book.
Santoso, Listiyono. 2005. Pengantar Pendidikan Berbasis Realitas Sosial. Yogyakarta: Logung Pustaka.
Sugiarto, Bambang. 2008. Humanisme dan Humaniora. Yogyakarta: Jalasutra.