REINFORCEMENT DESA MELALUI OPTIMALISASI PERAN PKK DI DESA AKKOR KECAMATAN PALENGAAN PAMEKASAN

Authors

  • Masykurotus Syarifah
  • Rusdi Rusdi
  • Khoirun Nisak
  • Nurul Kamilia

Keywords:

Reinforcement Desa, Optimalisasi Peran PKK di Desa Akkor

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan secara kolaboratif antara Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum (STAIMU) dan Institut Agama Islam (IAI) Nazhatut Thullab Sampang bersama mahasiswa STAIMU. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengembangkan kemampuan dalam berbagai hal, seperti kemampuan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, menumbuhkan rasa berpartisipasi, meningkatkan kemampuan untuk menganalisis kondisi sekitar, dan memberikan solusi dalam mengatasi masalah sesuai dengan bidang keilmuan yang dimiliki. Tujuan PKM ini meliputi: 1) menjadikan civitas akademika mampu belajar bersama masyarakat dalam menemukan dan memecahkan masalah. 2) meningkatkan kesadaran civitas akademika terhadap kehidupan masyarakat. 3) merealisasikan fungsi civitas akademika sebagai agent of change dan agent of social control. 4) memberikan alternatif solusi bagi masalah pembangunan di wilayah Desa Akkor Kec. Palengaan Kab. Pamekasn di masa sekarang dan masa mendatang. 5) memberikan pengalaman belajar kepada civitas untuk turut serta membantu pelaksanaan dan pemecahan masalah dalam pembangunan wilayah Desa Akkor  Kec. Palengaan Kab. Pamekasan. 6) masyarakat mendapat cara baru yang dibutuhkan untuk merumuskan dan memecahkan masalah-masalah yang ada. 7) masyarakat menjadi lebih mandiri.

Downloads

Published

2020-09-01

How to Cite

Syarifah, M., Rusdi, R., Nisak, K., & Kamilia, N. (2020). REINFORCEMENT DESA MELALUI OPTIMALISASI PERAN PKK DI DESA AKKOR KECAMATAN PALENGAAN PAMEKASAN. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 10–20. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/khidmah/article/view/4256

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.