PENDAMPINGAN PENGEMASAN DAN PEMASARAN PRODUK-PRODUK UNGGULAN DUSUN CANDIN DESA PULAU MANDANGIN SAMPANG

Authors

  • Muslihul Umam
  • Isabela Isabela Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Mabruroh Mabruroh Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Moh Farid Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang

DOI:

https://doi.org/10.35127/al-khidmah.v1i2.4413

Keywords:

Pengemasan, Pemasaran dan Produk

Abstract

Tujuan dari Pengabdian ini adalah untuk membantu menyelesaikan permasalahan atau kendala yang dihadapi oleh home imdustry, khususnya dalam segi produk baik secara pengemasan maupun dalam pemasaran. Produk-produk yang kami dampingi selama di PKM ini diantaranya adalah petis khas mandangin, batik tulis, krupuk ikan janggalak dan kripik sukun. Pendampingan yang kami lakukan dalam hal pengemasan (packeging dan labelling), pemasaran (membuat akun di sosial media serta toko online shopee). Metode yang digunakan adalah metode Pengabdian Masyarakat berbasis PAR yaitu pengabdian yang melibatkan semua pihak yang relevan dalam meneliti secara aktif bersama-sama tindakan saat ini yang mereka alami sebagai bermasalah dalam rangka untuk mengubah dan memperbaikinya. Hasil dari kegiatan ini adalah permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat pulau mandangin khususnya dalam sektor ekonomi adalah kurang penyadaran dan pelatihan oleh pemerintah setempat mengenai pengemasan dan pemasaran produk unggulan. Apalagi ditahui bahwa desa pulau mandangin akan menjadi desa wisata di tahun ini namun, pemerintah setempat enggan memberikan dampingan khusus atau pelatihan kepada masyarakat tentang pengemasan dan pemasaran produk.

Author Biographies

Isabela Isabela, Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang

Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang

Mabruroh Mabruroh, Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang

Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang

Moh Farid, Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang

Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang

Downloads

Published

2021-02-01

How to Cite

Umam, M., Isabela, I., Mabruroh, M., & Farid, M. (2021). PENDAMPINGAN PENGEMASAN DAN PEMASARAN PRODUK-PRODUK UNGGULAN DUSUN CANDIN DESA PULAU MANDANGIN SAMPANG. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 107–114. https://doi.org/10.35127/al-khidmah.v1i2.4413

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.