Profil Pendidik Ideal Menurut Al-Ghazali

Authors

  • Hindami Ruhyanani Pengawas Kementerian Agama Kabupaten Trenggalek

DOI:

https://doi.org/10.37459/tafhim.v7i1.2723

Keywords:

pendidik ideal, al-ghazali

Abstract

AbstractThe ideal educator should be able to combine science that has, both science ghairu Islamic and sharia, with its faith. Because by doing so, it means that the educator has rests on a strong foundation, which is faith. An educator should be able to integrate the knowledge or competence that he had become Muslim. In order for the science he has always lead to Islam and pentauhidan God. Integration of science with charity may cause people are getting highest rank in the sight of God. Because science coupled with ihsan will form a noble private. AbstrakPendidik yang ideal harus bisa memadukan keilmuan yang dimilikinya, baik ilmu syariah maupun ghairu syariah, dengan keimanan yang dimilikinya. Karena dengan demikian, maka berarti pendidik tersebut telah berpijak pada pondasi yang kuat, yaitu keimanan. Seorang pendidik hendaknya bisa mengintegrasikan ilmu atau kompetensi yang ia miliki dengan keislamannya. Agar ilmu yang ia miliki selalu mengarah kepada agama Islam dan pentauhidan Tuhan. Integrasi antara ilmu dengan ihsan dapat menyebabkan orang semakin tinggi derajatnya di hadapan Allah. Karena ilmu yang dibarengi dengan ihsan akan membentuk sebuah pribadi yang luhur.

References

Akhyak, Meretas Pendidikan Islam Berbasis Etika, Surabaya: eLKAF, 2006.
Akhyak, Profil Pendidik Sukses: Sebuah Formulasi dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi, Surabaya: eLKAF, 2005.
Akhyak, Ringkasan Disertasi Rekonstruksi Antropologi Pendidikan Islam : Kajian Pemikiran Iqbal dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam di Indonesia, Yogyakarta: Tidak Diterbitkan, 2008.
Al-Abrasyi, Mohd. Athiyah, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, terj. Bustami A.Gani dan Djohar Bahry, Jakarta: Bulan Bintang, 1970.
Al-Akhdhori, Abdurrohman, Sulam al Munauraq, Kediri: Lirboyo, tt.
Al-Atsir, Ibn, al-Kamil fi al-Tarikh juz 4, Mauqi'u al-Waraq: Dalam Software Maktabah Syamilah, 2005.
Al-Azdi, Sulaiman bin As'at, Sunan Abu Dawud juz 10, Mauqi'u al-Islam: dalam Software Maktabah Syamilah, 2005.
Al-Bukhari, Muhammad, Shahih al-Bukhari, juz 1, Mauqi’u al-Islam: Dalam Software Maktabah Syamilah, 2005.
Al-Ghazali, Abu Hamid, Al-Mustashfa fi Ilm al-Ushul, juz 1, Mauqi'u al-Islam: Dalam Software Maktabah Syamilah, 2005.
Al-Ghazali, Abu Hamid, Ayyuhal Walad, Kediri: Ploso, tt.
Al-Ghazali, Abu Hamid, Bidayah al-Hidayah dalam Khawasyi Miraq al-Ubudiyah, Semarang: Toha Putra, tt.
Al-Ghazali, Abu Hamid, Ihya' Ulum al-Din, Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, 1996.
Al-Ghazali, Abu Hamid, Ihya' Ulum al-Din, juz 1, Mauqi'u al-Islam: Dalam Software Maktabah Syamilah, 2005.
Al-Ghazali, Abu Hamid, Minhaj al 'Abidin, Surabaya: Hidayah, tt.
Al-Ghazali, Abu Hamid, Mizan al-'Amal, Mauqi'u al-Waraq: Dalam Software Maktabah Syamilah, 2005.
Al-Ghazali, Abu Hamid, Mizan al-Amal, Mesir: Dar al-Ma'arif, tt.
Al-Ghazali, Abu Hamid, Munqiz min al-Dhalal, Mesir: Maktabah wa Matba'ah Muhammad Ali Sabih wa Auladuh, 1952.
Al-Jawi, Muhammad Nawawi, Miraqil Ubudiyah, Semarang: Toha Putra, tt.
Al-Jumbulati, Ali, Abdul Futuh At Tuwaanisi, Perbandingan Pendidikan Islam, terj. H.M Arifin, Cet ke 2, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002.
Al-Munawwar, Said Aqil Husin, Aktualisasi Nilai-Nilai al-Qur'an dalam Sistem Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2003.
Al-Nabhani. Asy-Syakhshiyah Al-Islâmiyyah. Juz I. Beirut: Darul Ummah, 1994.
Al-Nasysyar, Ali Sami', Nasy'at al-Fikr al-Falsafi fi al-Islam, Kairo: Dar al-Ma'arif, 1977.
Al-Syaebani, Muhammad Umar At Toumy, Falsafah Al Tarbiyah, terj. Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang, tt.
Al-Syuyuthi, Jalaludin, Jami’ al-Hadits juz 18, Mauqi’ul Jami’il Hadits: Dalam Maktabah Syamilah, 2005.
Al-Tirmidzi, Abu Isa Muhammad bin Isa, Sunan Tirmidzi juz 9, Mauqi’u al-Islam: dalam Software Maktabah Samilah, 2005.
Anshori, Endang Saifuddin, Ilmu filsafat dan Agama, Surabaya: Bina Ilmu, 1987.
Anwar, Saeful, Filsafat Ilmu al Ghazali: Dimensi Ontologi dan Aksiologi, Bandung: Pustaka Setia, 2007.
Ardiansyah, Mubin, Epistemologi Menurut Al-Ghazali: Studi Pemikiran Pendidikan Al-Ghazali, Malang: Skripsi Tidak Diterbitkan, 2007.
Arifin, M., FilsafatPendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
Assegaf, Abdur Rachman, Pendidikan Tanpa Kekerasan: Tipologi Kasus dan Konsep, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2004.
At Thabrani, Mu’jam Ausath Lithabrabi juz 11, Mauqi’u al-Jami’i al-Hadits: Dalam Maktabah Syamilah, 2005.
Athaillah, Ibn, Sarh al-Hikam, Semarang: Toha Putra, tt.
Aziz, Abdul, Filsafat Pendidikan Islam,Surabaya: eLKAF, 2006.
Azra, Azyumardi, Esei-Esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1998.
Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2000.
Dahlan, Ihsan Muhammad, Siraj al- Thalibin Syarah Minhaj al-'Abidin, Surabaya: Hidayah, tt.
Daradjat, Zakiah, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Darajat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Angkasa, 2001.
Darajat, Zakiyah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1992.
Dawud, Abu, Sunan Abu Dawud, juz 10, Mauqi'u al-Islam: Dalam Software Maktabah Syamilah, 2005.

Downloads

How to Cite

Ruhyanani, H. (2015). Profil Pendidik Ideal Menurut Al-Ghazali. Tafhim Al-’Ilmi, 7(1), 152–171. https://doi.org/10.37459/tafhim.v7i1.2723