EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE TEAM TEACHING BAGI SISWA DISTRUKTIF BEHAVEOUR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR

Authors

  • KUSIK KUSUMA BANGSA STAI MIFTAHUL ULUM TARATE SUMENEP

Keywords:

Team Teaching, Learning Community

Abstract

Salah satu agenda dalam dunia pendidikan di Indonesia adalah peningkatan mutu guru. Dalam KTSP di sekolah, guru dituntut untuk semakin kreatif dalam melaksanakan proses pembelajaran di dalam kelas.Tuntutan tersebut diantaranya ialah guru harus mampu memperhatikan perbedaan individual siswa, guru harus kreatif mendesain strategi pembelajaran yang memungkinkan siswa aktif dan nyaman belajar, serta guru pun dituntut untuk mampu melakukan penilaian terhadap proses dan hasil belajar siswa secara menyeluruh. Team teaching menawarkan upaya pembentukan team atau kelompok di antara guru dan pendidik dengan misi utama meningkatkan prestasi siswa dalam belajar. Team teaching juga bermaksud menggagas tentang upaya membangun kebersamaan antara guru untuk saling belajar (learning Community) dalam peningkatan profesi guru--asah, asih, dan asuh. Selanjutnya team teaching adalah upaya nyata untuk menangkap segala bentuk perubahan di dunia pendidikan, menggagas tentang inovasi yang lebih condong pada perubahan paradigma belajar, yakni pendidikan karakter.

Published

2018-10-10

Issue

Section

Articles