PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS BOWLING CAMPUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Authors

  • MOH FADLI STAI MIFTAHUL ULUM TARATE SUMENEP

Keywords:

Buku Ajar, Bowling Campus, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku ajar berbasis bowling campus dan beberapa perangkat pendukung seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar tes hasil belajar yang layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang terbatas hanya sampai pada tahap develop. Hasil dari penelitian bahwa buku ajar berbasis bowling campus yang telah dikembangkan adalah (1) Validitas buku ajar berbasis bowling campus meliputi validitask komponen-komponen kelayakan buku ajar, RPP, dan tes hasil belajar yang rata-rata memperoleh kategori valid dan sangat valid memperoleh 86%; (2) Kepraktisan buku ajar berbasis bowling campus meliputi keterlaksanaan pembelajaran rata-rata memperoleh kategori baik dan cukup baik; (3) Keefektifan buku ajar berbasis bowling campus meliputi hasil belajar pada data ketercapaian Indikator siswa (Pretest dan posttest).

Published

2018-10-10

Issue

Section

Articles