FAKTOR INDIVIDU, LINGKUNGAN DAN MARKETING MIX YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN JAMU TRADISIONAL DI KABUPATEN SUMENEP

Authors

  • NURUL HUDA STAI MIFTAHUL ULUM TARATE SUMENEP

Keywords:

Faktor Individu, Lingkungan, Marketing Mix dan Keputusan Pembelian Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel Faktor Individu, Lingkungan dan Marketing Mix secara simultan dan parsial terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Jamu Tradisional serta melihat sejauh mana ketiga variabel tersebut berpengaruh secara dominan terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Jamu Tradisional di Kabupaten Sumenep. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli jamu tradisional di counter-counter jamu tradisional yang tersebar di Kabupaten Sumenep. Jumlah populasi yang ada tidak dapat diketahui secara tepat, sehingga untuk pengambilan sampelnya ditentukan dari jumlah variabel yang berjumlah  19 variabel dikalikan 4 kali. Sehingga jumlah yang akan diteliti adalah 116, yang akan diambil dengan menggunakan tekhnik Accidental sampling yaitu pemilihan sampel melalui siapa saja yang ditemui pada saat itu. Perumusan ini diperoleh dari syarat yang ditetapkan oleh Malhotra (1996) yang menyebutkan bahwa jumlah sampel/responden yang diambil paling sedikit 4 atau 5 kali dari jumlah variabelnya.[1] Penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dalam menganalisa data yang diperoleh dari hasil kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor produk yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian jamu tradisional di Kabupaten Sumenep. Hasil uji secara parsial Variabel Faktor Individu, Lingkungan dan Marketing Mix berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Poduk Jamu Tradisonal di Kabupaten Sumenep. Faktor Produk adalah variabel dominan yang berpengaruh terhadap Keputusan  Konsumen dalam Pembelian Produk Jamu Tradisonal di Kabupaten Sumenep.    

Published

2019-10-29

Issue

Section

Articles