PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR IPS DI SMP NEGERI 3 SUMENEP TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • HARKANI SMP NEGERI 3 SUMENEP

Keywords:

STAD, kerjasama, dan hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar IPS di SMP N 3 Sumenep. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mencakup perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B SMPN 3 Sumenep. Adapun dalam pengambilan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini menggunakan dua bentuk analisis data yaitu analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan metode Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kerjasama peserta didik kelas VIII B SMP N 3 Sumenep. Hal tersebut terlihat dari peningkatan kerjasama berdasarkan hasil penilaian kerjasama yang terjadi pada setiap siklusnya. Hasil rata-rata kerjasama kelas pada siklus I yaitu sebesar 47, 22%, mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 76, 35. Penerapan metode Student Team Achievement Division (STAD) juga dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata tes yang terjadi pada setiap siklusnya. Hasil belajar peserta didik yang mencapai nilai di atas KKM 75, pada siklus I sebanyak 23 peserta didik atau sebesar 63, 89%, pada siklus II meningkat sebanyak 29 peserta didik atau sebesar 80, 55%. Dengan demikian metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat digunakan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar IPS kelas VIII B SMPN 3 Sumenep.

Published

2021-10-10

Issue

Section

Articles