MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) PADA PELAJARAN PKN MATERI KASUS – KASUS PELANGGARAN HAK AZASI MANUSIA DALAM PERSPEKTIF PANCASILA KELAS XI IPA-3 SEMESTER 1 SMA NEGERI 1 MAS

Authors

  • SAIFUL HAD SMA NEGERI 1 MASALEMBU

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI IPA-3 SMA Negeri 1 Masalembu pada mata pelajaran PKn. Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang menarik bagi siswa. Dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah dan proses pembelajaran yang berlangsung di kelas hanya diarahkan pada kemampuan siswa untuk menghafal informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diperoleh. Dalam hal ini guru yang mendominasi kegiatan pembelajaran sedangkan siswanya pasif hanya duduk, diam dan mendengarkan penjelasan guru, sehingga siswa merasa jenuh dan bosan yang pada akhirnya tidak memperhatikan penjelasan guru serta siswa tidak dapat menjawab pertanyaan dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping (Peta Pikiran) pada siswa kelas XI IPA-3 SMA Negeri 1 Masalembu Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, terdiri dari dua siklus. Teknik mengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-3 TKR SMA Negeri 1 Masalembu yang berjumlah 38 siswa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 80% tuntas dan nilai rata-rata kelas lebih besar dari KKM yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 72. Hasil penelitian menunjukan pada prasiklus hanya 22 (58,82%) siswa dari 38 siswa yang tuntas. Rata-rata nilai yang diperoleh siswa yaitu 68,58 dari nilai KKM 72. Pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping (Peta Pikiran) terjadi peningkatan sebanyak 29 siswa (76,4%) yang mendapatkan nilai diatas KKM 72 dan 9 siswa (23,5%) mendapat nilai dibawah KKM 72. Nilai rata-rata siswa 70,5, dan pada siklus II menunjukan (91,1%) atau 35 siswa mendapat nilai diatas KKM 72 dan 8,9% atau 4 siswa mendapat nilai dibawah KKM 72 dan nilai rata-rata siswa 76. Menunjukan bahwa penelitian telah berhasil, dibuktikan dengan indikator pencapaian yang diharapkan oleh peneliti yaitu sebanyak 80% siswa tuntas dan rata-rata kelas lebih besar dari KKM 72. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping (Peta Pikiran) dapat meningkatkan hasil belajar PKn kelas XI IPA-3 SMA Negeri 1 Masalembu Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021. Berdasarkan keberhasilan tersebut, maka penulis menyarankan guru supaya menggunakan model Mind Mapping (Peta Pikiran) dalam pembelajaran supaya hasil belajar siswa meningkat khususnya dalam mata pelajaran PKn.

Published

2021-10-10

Issue

Section

Articles