PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • JONI ISKANDAR & DEWI UMAYYA STAI MIFTAHUL ULUM TARATE PANDIAN SUMENEP

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, Make a Match, Media Puzzle

Abstract

Kondisi pembelajaran konvensional yang terpusat pada guru masih terjadi pada pembelajaran Tematik utamanya materi matematika di SDN Talang III Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep. Permasalahan di kelas adalah sebagian besar siswa kelas III belum mencapai ketuntasan belajar dan nilai rata-rata siswa menjadi indikasi bahwa pembelajaran yang dilakukan selama ini belum efektif. Maka dari itu perlu adanya penggunaan metode pembelajaran yang menarik agar siswa lebih aktif dan tidak merasa bosan. Hal tersebut bisa dilihat dari hasil ujian siswa yang masih rendah dan tidak mencapai KKM yang mana hanya 5 siswa yang mencapai KKM yaitu 70 dengan nilai rata-rata kelas 61,7 dengan persentase 35,7 %. Maka dari itu peneliti ingin mencoba menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SDN Talang III Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep.  Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Penelitian dilakukan selama 2 siklus dengan 2 kali pertemuan di setiap siklus. Analisis penelitiannya peneliti menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatife tipe make a match dengan media puzzle pada mata pelajaran matematika di kelas III  SDN Talang III Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep. Berdasarkan hasil analisi diketahui bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan media puzzle hasil belajar siswa meningkat >70 dan mencapai KKM. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, terbukti dari hasil belajar pratindakan hanya 5 siswa yang mencapai KKM dengan nilai rata-rata kelas 61,7 dengan persentase 35,7 %. Mengalami peningkatan kembali pada siklus I yaitu 9 siswa yang mencapai KKM dengan rata-rata nilai 73,9 dengan persentase 64,2%. Mengalami lagi peningkatan pada siklus II yaitu semua siswa mendapat nilai mencapai KKM yaitu dengan rata-rata nilai 84,2 dengan persentase 100% yang artinya semua siswa kelas III sudah mencapai KKM yaitu yang terdiri dari 14 siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatife tipe make a match dengan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas III SDN Talang III Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep.

Published

2022-04-06

Issue

Section

Articles