PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE CIRC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SDN LEGUNG BARAT I

Authors

  • MOH. FADLI, SITI NORFADILAH & RUSMANIYAH STAI MIFTAHUL ULUM TARATE PANDIAN SUMENEP

Keywords:

Penerapan Model CIRC, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia, materi dongeng binatang melalui model kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading & Composition). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas II SDN Legung Barat I, yang berjumlah 11 siswa 5 laki-laki dan 6 perempuan. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan masing-masing siklus I dan siklus II terdiri dari dua pertemuan. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil penelitian diperoleh dari observasi dan hasil tes belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan penerepan model kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan Hasil Belajar pada siswa kelas II SDN Legung Barat I. Nilai rata-rata kelas pada awal siklus adalah 47,2. Hal ini dapat dilihat peningkatan hasil belajar pada membaca dongeng pada siklus I sebesar 72,7 dan peningkatan pada siklus II sebesar 76,8.

Published

2022-10-28

Issue

Section

Articles