IMPLEMENTASI MARKETING SYARIAH DALAM MENINGKATKAN KUANTITAS NASABAH BMT NU CABANG BATUPUTIH KABUPATEN SUMENEP

Authors

  • ZAINOL HUDA & MARLIYANA STAI MIFTAHUL ULUM TARATE PANDIAN SUMENEP

Keywords:

Marketing Syariah, Kuantitas Nasabah BMT NU

Abstract

Konsep Marketing Syariah yang dilaksanakan di BMT NU Cabang Batuputih sesuai dengan syariah Islam, yang mana tidak membebankan nasabah dalam hal tabungan atau pun pembiayaan. BMT NU mempunyai metode tersendiri terkait pemasarannya, yaitu: memahami karakter nasabah, mendekati tokoh masyarakat atau aparat desa serta menanamkan rasaempati. Implementasi dari beberapa paparan diatas menunjukkan bahwa BMT NU benar-benar menerapkan sistem Marketing Syariah baik dari segi karakteristik, prinsip, tujuan dan konsep. Begitu pula dengan metode yang BMT NU miliki, yaitu: memahami karakter nasabah, mendekati tokoh masyarakat atau aparat desa dan menanamkan rasa empati. Namun dari tiga metode tersebuat tidak keseluruhan diterapkan oleh BMT NU dalam satu nasabah, hanya saja melihat kondisi sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Impact dari metode yang digunakan di BMT NU Cabang Batuputih membuahkan nilai positif dikalangan masyarakat, sehingga banyak masyarakat yang mempercayakan kinerja dari para karyawan BMT NU Cabang Batuputih dan minat masyarakat untuk menjadi nasabah semakin tinggi. Akhinya dari awal BMT NU bediri 2014 dengan 98 nasabah sekarang menjadi 2.337 di tahun 2020

Published

2022-10-28

Issue

Section

Articles