ANALISISS PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • NURUL HUDA & RIZKA FITRIYAH STAI MIFTAHUL ULUM TARATE PANDIAN SUMENEP

Keywords:

Viral marketing, Brand awareness, Purchasing decisions

Abstract

Penelitian ini untuk menguji dan menjelaskan pengaruh viral marketing terhadap keputusan  pembelian dengann brand awareness sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Sumenep. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh masyarakat di Kabupaten Sumenep yang mengkonsumsi dan membeli produk mie instan Sedaap serta mengetahui viral marketing dari mie instan Sedaap. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan teknik non probability sampling, khususnya metode purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner yang penyebarannya dilakukan secara online oleh peneliti dengan bantuan google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah path analysis guna menganalisis pola hubungan antar variabel dan mengunakan uji Sobel guna mengetahui peran variabel intervening. Hasil analisis dan pembahasan penelitian ini menemukan bahwa viral marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, viral marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness, brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan brand awareness memediasi pengaruh viral marketing terhadap keputusan pembelian.

Published

2023-04-07

Issue

Section

Articles