UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MENGOPERASIKAN PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRET PADA SISWA KELAS 1 SDIT AL MUBARAK JAKARTA PUSAT

Authors

  • MOH. FADLI & CHUSNUL FIRDAUS STAI MIFTAHUL ULUM TARATE PANDIAN SUMENEP & UNIVERSITAS TERBUKA

Keywords:

Hasil belajar, Media benda konkret, Penjumlahan

Abstract

Penelitian yang disajikan bertujuan pada “meningkatkan hasil belajar atau nilai siswa pada materi pokok yang menitik beratkan pada bahasan Mengoperasikan Penjumlahan nilai tempat dengan menggunakan media atau alat benda konkret pada siswa kelas 1 semester 2 SDIT Al Mubarak Jakarta Pusat Tahun Pelajaran 2022-2023. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan tahapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diantaranya: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta refleksi. Adapun pelaksanaan penelitian dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan, maka hasil penelitian, dan pembahasan diperoleh data bahwa adanya peningkatan kemampuan siswa pada tiap siklusnya. Kemampuan pada pra siklus 17% meningkat 33% menjadi 50% pada siklus I dan pada siklus II meningkat 43% menjadi 93%. Dengan demikian dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa sangat direkomendasikan dengan menggunakan media atau alat konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengoperasikan penjumlahan bilangan cacah pada mata pelajaran matematika di kelas I SDIT Al Mubarak semester 2 tahun pelajaran 2022/2023.

Published

2023-10-08

Issue

Section

Articles