IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING PADA UMKM DI KABUPATEN SUMENEP

Authors

  • NURUL HUDA & RIZKA FITRIYAH STAI MIFTAHUL ULUM TARATE PANDIAN SUMENEP

Keywords:

Digital Marketing, UMKM

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang berkembang sangat pesat berpengaruh bagi masyarakat dalam mendukung berbagai kegiatan bisnisnya baik besar maupun kecil agar dapat dikenal dan bisa diakses secara global tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Dampak yang paling signifikan dan berpengaruh nyata adalah bisnis yang dijalankan akan lebih dikenal secara luas atau global dan juga mampu meningkatkan volume penjualan dan profit baik secara offline maupun online. Digital Marketing di era society 5.0 ini adalah salah satu media marketing atau pemasaran yang perkembangannnya sanagat pesat dan sangat besar memberikan pengaruh kepada masyarakat global. Salah satu penopang perekonomian Indonesia adalah lahirnya UMKM yang mana UMKM ini merupakan pelaku ekonomi terbesar dalam perekonomian Indonesia saat ini, UMKM juga telah berkontribusi  dalam membangun dan membangkitkan perekonomian khususnya di indonesia. Untuk menajadi yang terbaik dalam mengembangkan bisnis tentu saja para pelaku UMKM memerlukan berbagai macam strategi yang dapat dilakukan untuk mengembangkan usahanya salah satunya melalui strategi pemasaran berbasis digital dengan mengunakan metode digital marketing kekinian sesuai dengan perekembangan zaman. Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang dibangun oleh pelaku UMKM dalam memasarkan produknya dengan konsep digital marketing yang ada di Kabupaten Sumenep dalam hal mempromosikan, mempertahankan dan meningkatkan profit bisnisnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara langsung terhadap pelaku UMKM di Kabupaten Sumenep, termasuk total 30 informan yang diwawancarai secara langsung. Hasil penelitian yang didapat menunjukan bahwa strategi pemasaran digital yang dilakukan oleh UMKM di Kabupaten Sumenep adalah pemasaran melalui sarana media sosial maupun aplikasi e-commerce seperti grabfood, shopeefood dan gofood. Hasil pemasaran digital meningkatkan profit dianggap tidak terlalu penting walaupun itu penting untuk masa-masa yang akan datang. Namun dengan adanya pemasaran digital akses terhadap UMKM akan lebih luas dalam membangun jaringan dengan konsumennya dan juga dapat memberi kenyamanan dan kemudahan dalam melakukan transaksi berbasis digital.

Published

2023-10-08

Issue

Section

Articles