Implikasi Pembiasaan Ibadah Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid 19

  • Siti Aisah STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi
  • Ruliana Khasanah STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi
Keywords: Worship habituation, Pandemi Covid-19, Online Learning

Abstract

This study aims to determine the effect of habitual worship on saturation that hit many students in online learning during the Covid-19 pandemic. This research is a case study research using a qualitative approach. The subjects of this study consisted of 3 students aged 9 to 11 years who attended 2 different schools, namely MI An Noor Karangasri and SDN Margomulyo 1 and 8 informants comprised of mothers, friends and teachers. Data collection techniques using interviews and documentation. In terms of data analysis, researchers used triangulation techniques. The results of this study indicate that worship habituation efforts have the benefit of reducing learning saturation during online learning because children have other activities to rest their learning activities. As well as being able to cultivate an attitude of the spirit of worship, and the desire to do good things such as honesty, discipline and obedience to parents in every activity.

References

Fitrotin, Kurnia, dan M. Si Dr. Nanik Prihartanti. “Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dan Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Kejenuhan Belajar Siswa.†S2, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018. https://doi.org/10/BAB%20V.pdf.

Harisah, Afifuddin. Filsafat Pendidikan Islam Prinsip dan Dasar Pengembangan. Deepublish, 2018.

Haryanto, Sentot. Psikologi Shalat: Kajian Aspek Psikologis Ibadah Shalat. Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2001.

Hasan, Aliah B. Purwakania. “Disiplin Beribadah: Alat Penenang Ketika Dukungan Sosial Tidak Membantu Stres Akademik.†JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA 1, no. 3 (26 April 2012): 136–44. https://doi.org/10.36722/sh.v1i3.63.

Jayanti, Monik, Dr Anita Dewi Utami, dan Nur Rohman. “Analisis Proses Pembelajaran Daring Melalui Media Whatsapp Terhadap Kejenuhan Belajar Di Tengah Pandemi Covid-19 Pada Siswa Smp N 1 Padangan Kelas Viii Ips Tahun 2021,†t.t., 14.

Khairani, Yunita, dan Ifdil Ifdil. “Konsep Burnout Pada Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling.†Konselor 4, no. 4 (30 Desember 2015): 208–14. https://doi.org/10.24036/02015446474-0-00.

Kurnia, Dedeh. “Dinamika Gejala Kejenuhan Belajar Siswa Pada Proses Belajar Online Faktor Faktor Yang Melatarbelakangi Dan Implikasinya Pada Layanan Bimbingan Keluarga.†TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 1, no. 1 (18 Juni 2021): 1–10. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i1.70.

Ling, Li, Shen Qin, dan Li-fang Shen. “An Investigation About Learning Burnout In Medical College Students And Its Influencing Factors.†International Journal of Nursing Sciences 1, no. 1 (Maret 2014): 117–20. https://doi.org/10.1016/j.ijnss.2014.02.005.

Mar Atus Solihah, Mar. “Hubungan Religiusitas Dan Kecerdasan Emosi (Emotional Intelligence) Dengan Tingkat Kejenuhan (Burnout) Belajar Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 11 Yogyakarta.†Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan, 2016. https://eprints.uny.ac.id/33581/.

Maslach, C., dan M. P. Leiter. “Burnout.†Dalam Stress: Concepts, cognition, emotion, and behavior, 351–57. Handbook of stress. San Diego, CA, US: Elsevier Academic Press, 2016.

Muri’ah, Prof DR Hj Siti, dan Dr Khusnul Wardan M.Pd. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Literasi Nusantara, 2020.

Network, AJNN net-Aceh Journal National. “Pandemi dan Kejenuhan Belajar Daring.†AJNN.net. Diakses 26 Oktober 2022. https://www.ajnn.net/news/pandemi-dan-kejenuhan-belajar-daring/index.html.

Sari, Ninik. Hasil Wawancara Penyebab Kejenuhan Belajar Anak-Anak di Desa Margomulyo Bojonegoro pada Masa Pandemi Covid -19, 15 Juni 2021.

Sholihah, Khoirunnia Amelia. Hasil Wawancara Penyebab Kejenuhan Pembelajaran Online, 6 Juni 2021.

Sugiyono, Prof. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi ( Mixed Methods ). 10 ed. Bandung: Alfabeta, 2018.

Tania, Aditya Lupi dkk. Usaha Pemberian Layanan yang Optimal Guru BK pada Masa Pandemi Covid-19 (Antologi Esai Mahasiswa Bimbingan dan Konseling). UAD PRESS, 2021.

Yasri, Ibu. Hasil Wawancara dengan Guru Tentang Pembiasaan Ibadah dalam Kegiatan Pembelajaran di Sekolah, 20 Juli 2022.

Yin, Robert K. Case Study Research: Design and Methods. 5th ed. Applied Social Research Methods, v. 5. Los Angeles, Calif: Sage Publications, 2014.

Zuhri, Muhammad Noer Cholifudin. “Studi Tentang Efektivitas Tadarus Al-Qur`An Dalam Pembinaan Akhlak Di Smpn 8 Yogyakarta.†Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan 11, no. 1 (27 Juni 2013): 112–29. https://doi.org/10.21154/cendekia.v11i1.730.

Published
2022-11-01
How to Cite
Aisah, S., & Ruliana Khasanah. (2022). Implikasi Pembiasaan Ibadah Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid 19. Althanshia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 36-49. https://doi.org/10.53627/jal.v1i1.5019
Section
Articles