Kontribusi Charles Sanders Peirce dalam Pendidikan Islam

  • BAGAS MUKTI NASROWI, M.Pd.I

Abstract

Charles Sanders Peirce lahir di Cambridge, Massachusetts, 1839. Ia ingin membangun kerangka pandangan epistemologi baru dan secara bersama-sama sepakat ingin keluar dari berbagai kesulitan cara pemecahan yang biasa dikemukakan oleh pemikiran modern. Para pemikir kontemporer berupaya meninggalkan orientasi pembedaan subjek dan objek untuk memahami hakikat pengetahuan. Dengan pemikiran Charles Sanders Peirce inilah yang merupakan pondasi terbentuknya kebudayaan yang demokratis di Amerika, khususnya dalam bidang pendidikan. pendidikan pragmatisme kerap dianggap sebagai pendidikan yang mencanangkan nilai-nilai demokrasi dalam ruang pembelajaran sekolah. Karena pendidikan bukan ruang yang terpisah dari sosial, setiap orang dalam suatu masyarakat juga diberi kesempatan untuk terlibat dalam setiap pengambilan keputusan pendidikan yang ada. Keputusan-keputusan tersebut kemudian mengalami evaluasi berdasarkan situasi-situasi sosial yang ada. Oleh Sebab itu dalam artikel ini akan mengkaji seberapa jauh pemikiran Charles Sanders Peirce itu berkonstribusi dalam dunia pendidikan Islam.
Published
2015-01-01